Tempat Asik di Bandung - Part I

Monday, September 08, 2014

Selamat siang dari kamar kosan! Halah, kangen banget nge-blog rasanya. Padahal baru nggak nge-blog seminggu, tapi kayak ada yang hampa di sini gitu... *pegang perut* *belum makan*. Sebenernya sih aku nggak boleh nongol dulu di blog. Toh tugas masih menanti untuk dijamah. Naskah pun baru sampai di bab 4. Ya, dari dulu di bab 4 mulu. Nambah subbabnya cuma beberapa doang. Payah emang. Niatnya mau fokus sama naskah, tapi dosen-dosen dengan kejamnya ngasih tugas. Suruh baca materi ini lah, itu lah, nanti masuk harus bisa jawab pertanyaan dosen lah, presentasi lah, ya begitulah. Nggak kok aku nggak ngeluh. Cuma baru ngerasain capek aja toh selama 4 semester kemarin, kuliahku santai-santai aja.

Btw kemarin kan weekend, kamu jalan nggak? Doinya ke mana? Oh iya ngomongin soal weekend, aku punya beberapa tempat rekomendasi untuk dijajaki kala weekend. Nggak hanya tempat main kok, ada tempat makannya juga. Tapi di Bandung ya, kalau di Papua aku nggak tau. Jadi kalau kamu bingung weekend mau ke mana, coba ke beberapa tempat di sini. Cek yuk~

  • Taman Hutan Raya
Tempat ini pertama kali aku datengin waktu kopdar anak BE Bandung. Awalnya Kak Heni yang ngajak karena dia lahir di Bandung, jadi tau banget sama kota ini. Lagian kami, Gyerz Bandung, mau nyari tempat antimainstream untuk kopdar. Terpilihlah tempat itu sebagai tempat untuk dijajaki. Tempatnya semacam hutan sih, pohonnya banyak dan rindang. Luas banget tapi aku nggak ngukur berapa hektar. Di dalemnya ada saung-saung kecil yang isinya warung sekaligus tempat istirahat. Ada Goa Jepang, Goa Belanda, beberapa curug (air terjun), dan prasasti bersejarah serta monumen Ir. Djuanda. Tiket masuk ke sini sekitar 11k per orang dan parkir motor waktu itu 4k. Enggak tau kalau mobil. Kami waktu itu ke sana saat weekend, jadi cukup padat juga yang dateng. Belum lagi ada yang lagi prewed. Hih, bikin ngiri deh pokoknya... Oh iya, THR ini ada di sekitaran Dago. Jalan beloknya tepat sebelum jalan ke Dago Pakar yang kawasan kafe. Kalau pakai kendaraan umum, dari terminal Dago tinggal pakai ojeg dan bilang mau ke THR. Biaya ojegnya per orang 10k.

Source
  • Caringin Tilu
Nama itu diambil dari 3 pohon Caringin besar yang umurnya udah sangat tua. Kini, pohon itu tersisa satu lagi. Menempuh perjalanan ke sana bukan suatu perkara mudah, lho. Akses menuju ke sana (yang paling--sedikit--enak) lewat Padasuka. Kalau dari arah Cicaheum belok kanan pas perempatan setelah lampu merah. Di awal-awal jalan cukup bagus meskipun menanjak. Udah jalan cukup jauh, nanti kamu akan ketemu perkampungan pertama. Di sini jalan juga masih bagus sampai nanti kamu ketemu tanjakan cukup curam. Udah tinggi, belok pula. Nah, di sisi kiri nanti akan berderet warung-warung berbilik yang menghadap ke arah kota. Selain itu, di daerah Cartil ini ada satu tempat makan semacam kafe, namanya Dapur Caringin Tilu.

Gini kira-kira pemandangannya.
Source

Source
Gambar satu itu sebagian warung-warung yang berderet. Kalau malem, di sebelah kanannya berderet juga penjual jagung bakar dan rebus. Di warung itu sih isinya kayak jajanan kemasan, mie, kue-kue, nggak ada makanan beratnya. Kebanyakan orang ke sana karena pengin liat lampu kotanya aja. Tapi view pagi-pagi atau sorenya nggak kalah bagus. Di gambar kedua, itu gambar kontur bukitnya yang naik turun. Ditambah udara yang sejuk, cocok banget untuk ngelepas penat setelah seminggu kuliah atau kerja.

Lesehan di DCT. So sweet ya :3 - source
  • Bukit Moko
Nggak cuma sampai di Caringin Tilu nih, perjalanan masih bisa berlanjut terus ke atas. Di sini jalannya udah mulai nggak enak. Ada yang bolong dan berbatu. Sepanjang perjalanan cuma lihat perkebunan aja yang hijau membentang. Apalagi kalau ke sana sore, sambil nikmatin suasana senja ditemenin pacar. Hiiii so sweet :)) nanti kamu akan ketemu lagi sama perkampungan kedua. Masuk ke perkampungan kedua itu jalannya udah rusak parah. Belum pakai aspal. Maklum, masih jarang yang tau sama daerah Bukit Moko itu. Nanti setelah ketemu persimpangan, satu ke bawah dan satu ke atas, kamu pilih jalan yang ke atas (sebelah kiri). Itu jalannya lebih ancur lagi. Batu-batunya masih besar-besar. Tapi kalau berhasil ngelewatin itu... You are the winner! Kamu berhasil menaklukan ketinggian, jalanan berbatu, serta rasa lelah. Dan nanti akan disuguhkan pemandangan yang nggak bisa aku deskripsikan. Bukit Moko berada di ketinggian 1500 dpl. Bukit tertinggi di Bandung.

Source

Source
Di bukit itu hanya ada 1 warung untuk tempat istirahat, namanya warung Daweung. Isi warungnya sih sama kayak warung di Cartil. Tapi, pemandangan di sini lebih asik lagi. Apalagi kalau udah dapet malem, liat city lights yang... Ya pokoknya keren banget deh! Apalagi ditemenin pacar hihihi:p
  • Punclut
Pertama kali ke sini aku diajakin Karei. Jalan kaki. Iya, JALAN KAKI. Niatnya sih kepengin olahraga, tapi yang antimainstream. Jadilah kami nggak sekadar jogging di Sabuga atau Gasibu. Tapi ke Punclut. Perjalannya cukup jauh, belum lagi tanjakannya itu ya ampun... Bikin sesak napas. Capek! Untungnya Karei baik hati dan tidak sombong. Aku berkali-kali minta berhenti karena nggak kuat sama tanjakannya. Dia pun mengabulkan dan ngetawain. Katanya sih lucu liat aku kecapekan. Aku sih nggak capek juga tetep lucu... *abaikan*

Di sini sebenernya hampir sama kayak Cartil dan Bukit Moko. Warung yang berderet bukan kafe mahal dan elit, tapi hanya warung sederhana yang kalau di sini tersedia makanan berat. Kayak ayam beserta lalapannya. Karei bilang sih ada, tapi waktu itu kami nggak nemu. Jadi aku nggak mau berbagi informasi yang salah. Yang enak juga di sini, lagi-lagi pemandangannya. Kalau di Cartil dan Bukit Moko ada di kawasan Bandung Timur, sedangkan Punclut ada di kawasan Bandung Utara.

Source

Source
  • Trans Studio Bandung
Puas bermain-main dengan alam di Bandung, kini waktunya menjelajah wahana-wahana ekstrem di Trans Studio Bandung. TSB ini terletak di kawasan Gatot Subroto. Tepatnya Jl. Gatot Subroto no 289. Ini merupakan taman bermain besar yang indoor. Satu-satunya jalur yang outdoor hanya Yamaha Racing Coaster karena terlalu tinggi mungkin... Tiket masuk TSB saat weekday sebesar 150k, sementara weekend 250k. Kalau mau VIP boleh sih, harganya 450k tanpa antrean. Di sini ada beberapa wahana yang menurutku ekstrem banget. Ada Yamaha Racing Coaster, Vertigo, Giant Swing, dan Negeri Raksasa. Selebihnya nggak begitu ekstrem sih. Tapi yang paling ekstrem menurutku wahana di TSB itu Dunia Lain. Cukup. Aku udah posting tentang main di TSB itu di sini dan di sini...



Kayaknya segitu dulu aja tempat-tempat asik recommended di Bandung menurut versiku. Itu masih tempat mainnya ya, untuk tempat makan dan kuliner kita ketemu di part 2 nanti. Postingnya juga entah kapan sih hihi^^

Good bye...


With love,

You Might Also Like

40 komentar

  1. Ajak akuu,,, ajak aku Dweeee....

    Aku baru ke Tangkuban Parahu doang Dwi, keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nanti aku ajakin Abel-nya aja ya Om haha.

      Aku malah belum pernah ke kawahnya coba, kasian banget nggak sih :D

      Delete
  2. Wiii keren :D . Smester lalu ke bandung tapi gak bisa jalan2 ketempat giniann :'( , diajakinnya mlah ke mall -_- . Lain wktu hrus dikunjungi nih. Good recomen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak hehe. Wah sayang banget, padahal enak tempatnya nyatu sama alam gitu. Nanti dicoba yaa

      Delete
  3. Kece nih tempatnya. Dari dulu aku pengen ke bukit Moko itu..
    Hanya saja blm kesampean.
    Sering liat fotonya temen2 fotografer yg hunting disitu. Keren abis..

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Iya Kak datang aja, emang tempatnya asik banget kok. Baguuusss

      Delete
  5. ajak aku kebukit moko wiiiii. ajak aku ajak aku X_X
    makasii y rekomendasinya, bsok kpan2 klo k Bandung pengen ketmpat2 itu, trutama bukit mokooo.

    wah kejam dosennya yaaa, sama sih, aku juga gt. semangat buat ngerampungin naskahnya! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuukk hahaha tempatnya bagus banget Mut, serius. Apalagi kalo sore ke malem. Wajib banget buat dateng ke sana :D

      Semangat juga ya Mut!

      Delete
  6. eh iya bukit moko nya kereeeeeen. itu view malem nya sama kayak di paralayang Malang, bintang2nya pada pindah kebawah semua hehe:D pengen ada kesempatan main ke bandung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lucu jadi bawah sama atas sama-sama kelap kelip ya haha

      Delete
  7. Enak deh yg bisa jalan bareng sama pacar. Ajakin gue sekali-kali napa. Gue mau nikmatin suasana kota Bandung juga nih. Masa jauh-jauh dari Kalimantan nggak dapat suguhan pemandangan :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong orang sama pacar hahaha. Kita belum kopdaran sih, harus ajak Kak San sama Kak Hen nih yang lebih tau._.

      Delete
  8. Bagus banget Bandung terutama lesehan di DCT, sepertinya enak minum kopi sambil liat pemandangan kota dari atas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bandung selalu punya tempat enak dan asyik buat dikunjungi hihi

      Delete
  9. Mbak, ke bukit moko dan punclut yuk. Keren banget tuh penampakannya kalau malam hari, Tapi akunya di pekanbaru. Hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk nanti live streaming ya gimana Di? Haha

      Delete
  10. Huwoooooooo, kayaknya asik ya di bandung.
    Pengennya kalo ke bukit gitu maunya dari pagi sampe malam aja biar tau perbedaan suasananya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya asik banget Kak, makanya ke sini aja :D
      Tapi nanti kayak orang nggak ada kerjaan gitu Kak nungguin perubahan suasana-_-

      Delete
  11. Eh kak itu naskah apa? novel apa skripsi?

    Bandung keknya gak habis aja tempat wisata. Lah di Pekanbaru cuma wisata asap doang, sampe kena ISPA.

    Hmm.. agak aneh baca TAMAN HUTAN RAYA, padahal udah jelas namanya hutan trus kakak malah ngomong "Tempatnya semacam hutan sih".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naskah novel dong~

      Iya emang tempatnya banyak banget nggak pernah habis. Selalu ada yang baru mulai dari tempat main sampe tempat kuliner. Hahaha iya maaf :D

      Delete
  12. okeeh, mulai lg perang, wi. ngapain bawa pacar coba _ _"

    lo bikin naskah novel? wih gila, keren. ga mau kalah dari lo pokoknya. gue mau tunjukkin kalo jomblo itu ganteng.
    err.... ga nyambung sih.

    pantes aja orang'' jakarta selalu dtg ke bdg setiap weekend. tempatnya keren'' gini. maklum, jakarta ga ada bukit'' gitu. dari tempat'' itu smua, gue udah pernah ke goa jepang sama belanda, yg lainnya menyusul. aminn.
    tpi percuma aja sih klo sendri yak. ada yg ngeganjel aja psti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gimana orang kenyataannya kayak gitu...

      Iya Zi doain dong lagi berusaha nih semoga lolos. As always suka nggak konek deh-___-

      Iya dong, Bandung gitu secara~ HAHAHA ntar kalo ada kopdar Bandung ikut dong

      Delete
  13. Banduuuung! Ada banya banget ya tempat di sana? Kira-kira kalau cuma sehari bisa nggak tuh semua tempat keren di Bandung didatengin? Budget cuma 200 ribu aja gitu? *dikeplak* *diteriakin si borokokok sama Kabayan*

    ReplyDelete
  14. Kayaknya dari semua tempat itu yang paling terkenal yang terakhir ya, Wi? Hmm, perlu nih buat mengenalkan tempat keren di Bandung. Thanks infonya ya. Mungkin saya saat ke Bandung bisa mampir ke sana^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang Kak Lin, yang lain belum terlalu terkenal habis ya memang daerah pinggir sih.

      Sipsip ajakin aku ya^^

      Delete
  15. Lokasinya bikin ngiler mata gue sama tangan gue, pengen kesitu terus photo-photo. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya foto-foto yang banyak buat dikenang nanti Om :D

      Delete
  16. aku pingiin ke bukit Moko doong, yang pas malamnya tuh sosweet abis gitu aaakkk..apalagi bisa kesana sama siapa gituuu..siapa yaaa..hahaha..
    iya, itu anti-mainstream bingittt..nggak cuman ke tempat makan doang..nature is the best dah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak Mey kudu liat banget, so sweeeeetttt ih! Sama siapa ya... eum.... hahhaha. Sini deh aku temenin kalo beneran ke sini ya :3

      Delete
  17. Bandung makin keren aja euy!
    Pengen ke Taman Film nyaaa :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong aku juga belum ke sana niiiihhhhh pengen ih :D

      Delete
  18. Hai kak Dwi :)
    sudah lama tidak blogwalking hikss, biasa mahasiswi sok sibuk kak :(

    Bandung itu kotanya hijau banget ya kak, asri gitu. Pengen banget deh ke Bandung dan menikmati panorama disana :3

    Bandung memang keren banget, nggak kalah keren kok sama Banjarmasin :3 hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga Fat! Iyaaa udah lama aku juga gak bewe:(

      Iya sini dong main-main biar rame kopdaran BE Bandung-nya. Haha teteeepp promosi tempat sendiri~

      Delete
  19. Bandung itu mah gak ada matinya, terutama mojangnya -gelis gelis uy.... Semoga Kota Pak Ridwan Kamil bisa jadi rujukan buat kota-kota lainnya, sekarang lagi berbenah diri. I LOVE BDG....

    Cemungut Kak Dwi Sartikasari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener bener, Bandung emang keren! Ahahaha...

      Delete

Komentar gratis, curhat gratis, iklan bayar!

recent posts