That's Why I Love Blogging

Wednesday, July 16, 2014

Ngomongin soal blog, bagi seorang blogger pasti nggak akan ada habisnya. Termasuk bagi Dwi sendiri. Ntah itu tentang sejarah awal punya blog, alasan ngeblog, tujuan ngeblog, tentang konten dari blognya sendiri, bahkan sampai orang yang menginspirasi kenapa seorang blogger mau ngeblog. Meskipun bisa dibilang blogger moody, tapi rasanya nggak seru ya kalau Dwi juga nggak bahas tentang blog di sini. Apalagi blog Dwi ini udah dibikin sejak 4 tahun lalu, tepatnya Mei 2010. Kalau anak kecil, pasti lagi lucu-lucunya^^


Pernah denger nggak sih kabar hoax di facebook zaman dulu banget. Katanya facebook mau ditutup? Dwi sempet panik banget waktu tau facebook mau ditutup. Selain takut kehilangan kontak sama temen-temen dunia maya, hal yang paling Dwi takut waktu itu adalah kehilangan pembaca setia. Jadi dulu Dwi sering bikin cerita fan fiction di facebook dan dibaca sama penggemar idola yang sama (Idola Cilik). Jadi Dwi bikin semacam cerita bersambung yang ber-part-part. Tapi begitu baru sampai part ketujuh atau delapan ya, denger kabar gitu. Nah, berawal dari situlah Dwi terpaksa bikin blog. Awal-awal masih terpaksa karena takut kehilangan pembaca setia itu. Bisa diliat di postingan awal-awal, isinya cerita bersambung yang masih-sangat-berantakan-gak-layak-baca.

Nah akhirnya setelah ngeblog berbulan-bulan, Dwi mulai seneng nulis hal lain selain cerita bersambung itu. Malah cerita itu bener-bener bersambung tanpa ada ending-nya alias males. Dwi mulai merambah nulis cerita pengalaman di sekolah, bikin tulisan galau sekadar curhat, atau nulis tentang idola. Akhirnya dari situ sadar kalau alasan ngeblog karena Dwi mulai mencintai dunia blog itu sendiri. Dwi seneng menghabiskan waktu berjam-jam depan laptop buat nulis postingan. Dwi seneng saat bisa berjam-jam nyariin gambar ilustrasi (tumblr) favorit buat jadi pelengkap sebuah postingan. Sampai akhirnya Dwi seneng buat ngedit template, ngasih widget, dan atur tata letaknya biar blog Dwi menarik tapi tetep nggak berat. Dan... taraaammm! Blog yang meskipun desainnya sederhana banget, but it's all about pink. I love pink and I love my blog sooooo much! *kecup blog*

Saat kamu sudah mencintai sesuatu hal, rasanya kamu tak perlu alasan mengapa kamu mencintainya.



Kalau tujuan ngeblog sendiri sebenernya hampir sama kayak alasan pertama sih. Tapi makin ke sini tujuan ngeblog Dwi itu nggak hanya sekadar nge-share cerita fiksi aja. Tapi Dwi juga bisa berbagi cerita pengalaman atau cerita sehari-hari yang dialami di dunia nyata. Baik itu cerita nggak penting, cerita jalan-jalan, cerita inspiratif, atau cerita-cerita yang lainnya.

Terus juga Dwi bisa meluapkan kegalauan yang nggak bisa diceritain sama orang. Dwi termasuk orang yang introvert, tertutup sama sebagian orang. Dwi cuma percaya untuk cerita ke beberapa orang aja. Akan ada saat di mana orang-orang pendengar cerita Dwi itu sibuk dengan kegiatannya. Jadi demi meluapkan kegalauan yang nyaris meledak ini, Dwi lebih memilih menuangkannya ke blog. Tentu nggak langsung cerita kalau Dwi galau sih. Jadi Dwi bikin postingan yang sendu-sendu dengan kata-kata (agak) puitis buat meluapkan kegalauan itu. Tapi nih, nggak selamanya postingan yang isinya sendu-sendu galau itu berarti Dwi lagi galau ya...

Selain itu, Dwi juga bisa berbagi tips-tips yang mungkin-kurang-penting-bagi-pembaca. Tapi ya namanya udah cinta sama blog, apa aja pengin ditulis di sini. Termasuk tips-tips yang mungkin kurang penting. Atau bahkan nggak penting. Kayak tips move on (mainstream), tips ngatur keuangan, tips nulis juga ada. Nah, gimana, berbagi itu indah, kan?

Tujuan Dwi ngeblog yang lain adalah menambah relasi pertemanan dan semangat ngeblog. Sebenernya tujuan ini didapat baru kemarin-kemarin awal tahun. Setelah Dwi memutuskan untuk masuk salah satu komunitas blogger yang kece abis, Blogger Energy. Tiga tahun punya blog yang sepi pengunjung, apalagi kotak komentar. Rasanya kayak... Percuma punya blog. Tapi ternyata setelah masuk komunitas, entah kenapa semangat ngeblog naik drastis. Bisa diliat perbedaanya dari Januari ke Februari 2014 di jumlah postingan. Kok bisa ya? Dwi baru sadar ternyata dengan kehadiran teman-teman baru, juga komentar-komentar yang mereka kasih, secara nggak langsung bikin mood nulis dan semangat ngeblog naik. Apalagi kalau isi komentarnya berbobot. Aih, jadi terharu. Makasih ya BE :")

Tujuan terakhir ngeblog di mata Dwi adalah untuk "membuang" naskah gagal. Dwi udah sering banget ikutan lomba nulis. Ntah FF, ntah cerpen. Tapi hanya 2 aja yang bisa tembus jadi antologi. Itu artinya banyak banget naskah gagal di laptop. Mubazir kalau cuma dibiarin di sana tanpa terjamah lagi. Akhirnya naskah itu Dwi "buang" di blog. Ternyata respon temen-temen banyak yang positif kok. Banyak yang ngasih semangat dan kritik serta masukan juga. Dari sana Dwi bisa banyak belajar lagi tentang letak kesalahannya. Dan Dwi juga nggak patah semangat karena banyak yang ngedukung buat terus berkarya. Jadi, naskah gagal itu nggak teronggok sia-sia di dalam laptop^^

Untuk blogger yang menginspirasi, Dwi juga sebenernya bingung sih. Dwi bikin blog bukan karena ada orang yang menginspirasi. Apalagi kayak orang-orang yang terinspirasi sama Bang Dika. Saat itu Dwi belum tau blognya. Bang Alit, Bena, Poconggg, belum tau juga. Tapi setaun yang lalu, Dwi sempet sharing sama Mbak Rhein Fathia. Penulis dari beberapa novel, salah satunya Coupl(ov)e. Dwi sharing banyak hal sama Mbak Rhein, sampai akhirnya Mbak Rhein ngasih tips yang ada di blognya. Meluncurlah Dwi ke sana buat liat blog dan tipsnya. Begitu buka, ternyata blognya bagus. Template-nya kayaknya bawaan dari blogger yang mungkin diedit lagi. Tapi nggak tau kenapa, Dwi langsung suka sama kontennya. Di sana Mbak Rhein nggak cuma ngasih tips aja loh, tapi juga ada cerita pengalamannya, cerita travelling-nya, cerita fiksi-fiksi juga ada. Akhirnya mulai sejak itulah Dwi terinspirasi ngeblog karena Mbak Rhein. Ya walaupun sebenernya Mbak Rhein bukan blogger aktif, tapi kontennya bener-bener menginspirasi :)

Nah, kayaknya cukup sekian ngebahas tentang blognya. Kalau diterusin nanti malah bikin sampai ber-part-part lagi, kayak cerita bersambung.

Aku suka menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop, membuat banyak tulisan, mengoneksikan dengan internet, lalu mem-posting-nya ke dalam blog.
***

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway dari blog Ilham Kusumaning"



Pict source: here.


With love,

You Might Also Like

46 komentar

  1. Ikut lomba blog Ilham itu asyik, hehe. Tapi Dwi lupa ada bagian yang terlewatkan seperti ayng telah diatur Ilham. Ada tulisan di atas banner yang harus dipajang lalau dikasi link ke blog Ilham yang memuat postingan lomba itu.
    Semoga berhasil, ya. bagus juga ternyata berkat BE kita bisa kian semangat nge-blog. Dan kita barengan masuknya tapi Dwi lebih banyak aktif daripadaku. :)
    Soal naskah gagal, jangan sedih, ada banyak yang ngalamin. Yang penting kita punya blog untuk menampung naskah tersebut.
    Semoga kelak Dwi Sartikasari bisa jadi penulis ayng produkrif berkat blog dan senaungan BE. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak ini ikut ngeramein aja niatnya, biar sekalian sharing juga hehe. Eh udah aku cek lagi nggak ada sih sebenernya. Tapi nggak papa aku masukin aja.

      Oh iya ya Mbak? Mungkin karena kesibukanku nggak sebanyak Mbak kali ya.

      Aamiin yaAllah. Aku udah biasa gagal lomba Mbak. Tapi rasa sakitnya tetep aja ada :(

      Delete
  2. Weww,,, Kak Dwi! Sama banget alasannya.. aku juga sih,
    Kalo pengen cerita gitu, tinggal ngeblog, lagi galau, larinya juga ke-blog, sampe kangen temen juga bisa nge blog. kayanya blog itu udah jadi bagian diri kita aja. Iya, aku juga udah denger sih kalo fesbuk pernah mau ditutup. Ternyata cuma hoax doang kan? Awas aja kalo beneran, si Marx Zuckerberg bakal gue rudal! wehehehe
    Sukses buat GA-nya kak! Kalo menang, bagi-bagi ceritanya yaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jadi udah semacam... Diary online gitu ya.
      Haha iyaaa. FB tuh buat info-info lomba juga selain ngumpulnya gyerz-gyerz ya.

      Makasiiihhh Zak :)

      Delete
    2. Cuma diucapin makasih doang nih?
      Udah cuma makasih tok?
      *cinipeyuk* #yaaahhgitulagi :D

      Delete
    3. Hahaha iya makasiiihhh *iya itu lagi*
      Terus maunya apa? Hah?

      Cini peyuuukk:3

      Delete
  3. Lama juga ya sejak 2010, tahun segitu masih belum nulis di blog, tapi nulis-nulis di pasir gitu. #halah
    Sebenarnya inti tujuan ngeblognya dwi kalo dilihat postingan ini adalah "berbagi". Yeah.. Orang ngeblog itu untuk berbagi. :D
    Keep blogging yo.. Keep writing. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Bang Erick penulis pasir, ya?

      Iya bener, nggak tau kenapa seneng banget berbagi. Aku sih cuma bisa berbagi lewat sini karena belum bisa dapet uang sendiri hehe.

      Sip Bang, kamu juga. Keep writing!

      Delete
    2. Iya penulis pasir di bekas tempat eek kucing -_-

      Jangan cuma berbagi tulisan dong... Hatinya juga dibagi.. #eeaa *dikeplak karei*

      #namanyajugausaha

      Delete
    3. Jorok Bang Errrrr-___-

      HAHAHA usaha sih usaha, tapi ke yang jomblo juga dong Bang~

      Delete
  4. Oh jadi ini alasan sebenernya kak dwi ngeblog?
    Jadi kayak semacam diary online gitu ya kak?
    Emang bener sih, percuman nulis panjang2 penuh kata2 tapi gak ada respon, tau gitu tetep disimpen sendiri aja toh? :D

    Aku juga samaan nih, meluapkan kegalauan melalui tulisan2 puitis menye-menye gitu hahahaha

    Semoga menang GA-nya ya Kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Fan, nggak tau kenapa seneng aja berbagi. Tetep aja nggak semua dibagi ke sini sih haha. Setuju banget~

      Iya dong, rasanya seneng aja gitu ya bikin postingan sendu-sendu gitu. Halah.

      Aamiin, makasih Taufan!

      Delete
    2. Iya, gak semua bisa di ketik dan klik 'publish' gitu aja~ :D

      Bener tuh, jadi bisa curhat terselubung gitu ye kak? HAHA

      Okeoke :D

      Delete
    3. Iya lah, nggak semua bisa kita share di sini. Disimpen sendiri aja :D

      Kamu tuh tukang curhat haha

      Delete
  5. Eh tadi di tengah-tengah postingan ini aku udah ada ide buat komen, eh pas nyampe di bawah, lupa. Duh.. apa ya..

    hmm -__-

    yaudah, sih.. cara kak dwi mulai ngeblog cukup unik, ya, niatnya juga udah bener. Kalau aku dulu sih, entah, niatnya yang gitu-gitu. Tapi sekarang makin lama udah ga peduli lagi, namanya udah seneng ngeblog kan, mau apa lagi? Haha

    Oh iya! Aku inget! Jadi.. ternyata, Kak Dwi juga introvert? Wah wah, sama, sih, aku juga. Hehe, tapi aku penasaran kalo emang bener introvert, pas ngadain kopdar dengan banyak yang hadir, kalo emang bener introvert, pasti banyakan diemnya kalo belum kenal :P iya gak ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih muda udah pikun-_-
      Iya udah jatuh cinta sama blog jadi nggak butuh alasan lagi kenapa harus ngeblog.

      Iya aku introvert Hud, tapi waktu kopdar BE Bandung kemarin nggak begitu pendiem sih. Apalagi sama Kak Hen langsung akrab banget. Sama Arie juga :D

      Delete
    2. Wah aku dibilang muda..

      Ya itu kan yang ikut cuma dikit, coba kalau banyak kayak di jatim :PP

      Delete
    3. Dibanding aku. Beda berapa taun juga sih haha.

      Aku pasti jadi yang paling pendiem gitu Hud :D

      Delete
  6. alasannya sama semua mbak, kecuali yang membuang naskah gagal. soalnya aku belum pernah ikut lomba-lomba cerpen begituan. paling mentok ya giveaway begini hehe.

    setuju sama ini mbak, bahwa kita tidak memerlukan alasan ketika sudah mencintai sesuatu *uhuk* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain aja coba Kak, lumayan aku juga ikutnya nggak niat banget sih, ya buat seru-seruan aja. Hehe.

      Iya namanya juga udah cinta... ya.

      Delete
  7. karena aku sulit ngomong didepan orang banyak, yaudah gue nulis aja apa yang ada di otak kecil gue.

    mungkin itu alasan utama kenapa ngeblog. simpen namun gak jelas :D

    sama kayak kak Lilis. kecuali yang membuang naskah gagal.. soalnya belum ngerasain ikutan lomba2 serius :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya biasanya gitu sih. Apalagi yang blog personal. Alasannya gak mungkin begitu jauh.

      Cobain aja, seru loh. Ya meskipun gagal sih aku juga hehe

      Delete
  8. hahahaha bener-bener kak dwi, pada saat facebook kabarnya mau tutup vina bingung juga, waktu itu baru buat facebook beberapa bulan :v wkwkwkwkw
    udah main tutup-tutup aja.. :\

    Ngeblog itu jiwa kompetisi nya tinggi tapi tetap sportif lho :D
    huahahhaha
    intinya sama kita kak dwiii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan soalnya twitter masih jarang yang pake. Nggak ada notes-nya juga:(

      Beneeerrr. Nggak nyesel jadi blogger hihi

      Delete
  9. ehh aku juga tau kamu punya akun kompasiana wi. isinya cerpen semua ;D

    Kamu mah dari dulu udah aktif yah,cuman nggak kumpul ke komunitas ajah. padah kamu lebih duluan ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah kamu tau dari mana Kak? Aku udah nggak pernah update lagi di sana. Itu mah dulu curhatan pas lagi galau-galaunya banget haha.

      Iya bener, baru nemu BE juga 2013 kemaren. Tapi gabungnya malah awal taun karena nggak tau caranya-_-

      Delete
  10. setuju di point introvert. Orang introvert emang tertutup dan hanya mau cerita ke orang yang bener2 dipercaya, kalo gak ada orangnya ya dicurahkan lewat tulisan. Gue juga begini soalnya :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah samaan kita Bang. Introvert emang susah. Tapi syukur kalo kita jadi kepercayaan orang introvert buat tempat cerita.

      Ms. Word emang paling setia~

      Delete
  11. Selamat! Dwi bukan satu-satunya orang yg ngasih tips gak berguna di blog. Saya jugaaa :)))

    Tulisannya bagus.. Udah cocok lah jadi penulis. #iningomongapaansih Anyway, yang pasti semoga menang ya GA-nya ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sesat yaaa!-_-

      Aamiin, makasih makasih

      Delete
  12. sama aja sih. gue kadang memang nulis blog, buat mengusir rasa kesepian. yah, harus bisa memaklumi kalo temen'' dan orang lain itu punya kesbukan yg berbeda''. maklumin aja makanya.

    baru tau, klo sebelumnya suka nulis d notes fb. sampe berpart-part malah. pantes, pas nulis blog juga kayak gitu yak -,,,,-
    kyaknya klo ngasih tips'' ga penting, hampir smua blogger pernah ngasih deh. hahah.
    bner juga, gue pas masuk BE jga jdi makin semangat buat nulis. yaah... walaupun kdang ada rasa males juga sih untuk nulis.
    sukses buat GAnya.
    eh, gue baru tau klo lo udah pnya buku anatologi. keren. selamet dah ya. klo mau ikut''an lomba kayak gtu, ksih tau dongg, wi. hahah. aku kan mau juga *senyum manja *di keplak sama pacarnya dwi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saling ngertiin aja lah ya.

      Haha iya kalo cerpen kepanjangan bikin 2 part. Emang ngasih tips absurd itu kerjaan blogger personal kayaknya ya.

      Aamiin. Makasih Zi.
      Haha iya aku juga sekarang lagi nggak dapet info lomba nih

      Delete
  13. nggak heran ya, kalau orang udag maniak dengan warna, apapun itu disangkutkan dengan warna kesukaannya, sampai blog pun begitu... :D

    ReplyDelete
  14. Wah ka Dwi udah dari dulu ternyata bisa nulis-nulis fiksi, aku baru-baru aja sih nulis-nulis kayak gini. Kalo aku baru dari tahun 2012 kak :D

    Pantes sih tulisan kakak udah bagus banget, pokoknya aku ngefans deh sama ka Dwi. Wah ternyata kakak udah punya antologi ya? Asikkk :D

    Sama banget kak alasannya awal-awal blog. Tapi aku belum pernah “membuang naskah gagal sih” kak. Nanti deh hahaha aku bakalan buang naskah gagal diblogku tercinta ituuu hahahaha

    Semoga menang giveawaynya kak Dwi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih jelek banget Fat haha. Aih aku punya fans :3 berlebihan deh~ alhamdulillah baru punya 2.

      Iya cobain deh. Respon pembaca pasti beda-beda tuh.

      Aamiin, makasih :)

      Delete
  15. Kirain postingannya murni karena pengin nulis alasan suka ngeblog. Gataunya ikutan event. Hee

    Sukses ya, Wi. smoga semangat ngeblog terus dan menang^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan event Kak, itu emang proyek sendiri kok. Nulis juga.

      Aamiin, makasih :)

      Delete
  16. oh, ternyata kakak dwi anaknya introvert ya. beda banget sama aku. nggak bakalan bosan untuk ngomong, cerita ke siapapun dan berbagai aktifitas aneh lainnya.

    iya, dulu sering banget dapat "Facebook akan ditutup pada bulan depan" berita 2010 banget itu hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keliatan sih dari cerita kamu yang ke gunung itu haha.

      Tuh kan, anak facebook lama pasti tau kabar itu. Ada hikmahnya sih tapi jadi punya blog juga :D

      Delete
  17. Wah, ternyata semakin banyak juga ya yang ikutan GA-nya Ilham hehehe. Sukses ya, Kak!
    Cerita Kak Dwi yang 'membuang' naskah cerita jadi bikin aku penasaran. Mau aku kepoin ah semuanyaaaaa \m/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih haha. Ikut seru-seruan aja kali ya~

      Makasih makasih^^ boleh, selamat menikmati Ashima hehe

      Delete
  18. kalo aku sih ngeblog buat ngungkapin keresahan atas apa yang ada di sekitar, sama curhat sih paling wkwk. entah kenapa enak aka gitu curhat sama blog, ga protes, bersedia kapan aja dan siap 'ngedengerin' apa aja yang pengen kita curhatin. yaaa karena orang curhat kebanyakan emang butuh didengerin doang._.

    sukses ya kak GAnya! semoga menang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya rasanya selalu didengerin gitu. Meskipun dia cuma bisa diem tanpa respon, tapi seneng bisa ngeluapin cerita ke dia.

      Aamiin, makasih :D

      Delete
  19. Salam kenal. Gak sengaja nyasar ke sini. Jadi ikut baca-baca deh. Btw, selamat tulisannya jadi juara 2, ya. ^_^

    ReplyDelete

Komentar gratis, curhat gratis, iklan bayar!

recent posts