Wednesday, 23 April 2014

Maybe... I'm tired

Nggak tau kenapa, belakangan ini badan jadi gampang capek. Gampang sakit. Udah kayak brownies aja. Lembek.

Sebenernya aktivitas akhir-akhir ini berjalan biasa-biasa aja. Nggak ada yang istimewa. Nggak berlebihan juga. Terus, pola tidurku juga nggak selarut dulu. Iya, dulu aku memang kena insomnia. Malah sempet akut juga. Tidur jam dua, jam setengah 6 udah bangun lagi karena ngampus pagi. Kalo libur pun, kebiasaan tidur lewat jam 12 karena ngerasa besoknya libur. Padahal tetep aja ya harus bangun subuh buat sholat.


Tapi insomnia itu berubah setelah aku kena sakit cukup parah sekitar Februari lalu. Aku kena sakit sekitar semingguan lebih. Awalnya cuma batuk, pilek dan demam biasa. Tapi setelah mulai reda demamnya, kepala jadi pusing. Akhirnya dicek deh ke klinik. Taunya kena darah rendah, 80/60 kalau nggak salah. Mulai dari situ aku dimarahin Mama dan dokternya.

"Nanti pola tidur dan makannya diatur baik-baik ya. Aduh bahaya kalau kamu sampe pingsan."

"Iya nih Dok dia begadang terus. Makan juga sok-sok diet."

Dokternya natap aku sejenak. "Aduh, ini udah kurus gini mau diet apa? Jangan diet. Udah, makan yang bener ya. Jangan males makan sayur."

"Nah, iya, dia juga susah disuruh makan sayur Dok."



Mama udah buka aib anaknya sendiri di hadapan Sang Dokter. Miris-_-

Aku juga sempet disuruh makan ati, daging kambing, daun singkong dan semacamnya buat nambah darah. Tapi satu jawaban untuk saran-saran itu. Enggak. Makasih banyak buat sarannya, tapi aku nggak suka semua makanan itu. Akhirnya aku memutuskan buat enggak makan goreng-goreng selama semingguan. Makannya cuma sayur dan makanan rebus. Hih. Please. Itu enggak enak banget. Menderitaaa. Terus aku juga mulai ngatur pola tidur. Yang biasanya tidur jam 12, sekarang jadi jam 10, terus nurun lagi jadi jam setengah 10, turun lagi jadi jam 9.

Ternyata itu nggak berlangsung lama. Saat aku sakit, untungnya lagi libur sebulan setelah UAS. Dan setelah mulai aktivitas ngampus biasa lagi, aku nggak bisa lagi tidur jam 9. Malah sempet juga tidur jam 11. Anak nakal-__-

Waktu sekitar awal April juga aku sempet sakit lagi. Batuk-pilek biasa. Malah saat itu suara hampir hilang. Udah serak-serak basah ngalahin Dewi Persik. Tapi untungnya nggak sampe bener-bener hilang. Dan alhamdulillah nggak parah kayak waktu itu.

And now....... Ada sesuatu yang salah sama kepalaku. Dari Hari Jumat kemarin, kepalaku udah mulai kerasa sakit. Kayak denyut-denyut gitu. Rasanya ada yang neken-neken bagian ubun-ubun. Sakit banget. Tapi tiba-tiba hilang nggak berbekas. Oke, mungkin aku kelelahan.

Tiba-tiba Hari Minggu kerasa lagi. Tiap bangun dari baring atau duduk, pusing. Kayak muter-muter gitu badannya. Kepengin jatuh lagi. Sebenernya takut sih kenapa-napa sama kepalaku. Tapi lagi-lagi aku mikir, ah mungkin darah rendah. Dulu kan memang darah rendah juga. Akhirnya si sakitnya itu hilang lagi. Alhamdulillah..

Tapi ternyata aku nggak bisa seneng dulu. Hari Senin saat aku pulang ke Bandung, kepalaku kembali sakit berdenyut-denyut. Aku pikir sih bakal hilang seperti biasa. Tapi ternyata enggak. Sakitnya awet bahkan sampai malem. Itu bener-bener mengganggu kuliah. Alhasil jadi nggak fokus belajar.

Hari Selasa pun sama. Bahkan saat ketemu temen, merek bilang, "Wi, kok muka kamu pucet sih? Kamu sakit?" apa sekeliatan gitu ya kalau aku sakit? Hmm... Untungnya di Hari Selasa itu yang harusnya berjalan 3 matkul, jadi hanya 1 matkul. Allah baik sama aku. Aku pun memutuskan buat tidur siang. Kalau memang Hari Rabu masih sakit, aku memutuskan buat periksa.

Tadi pagi aku bangun dengan kondisi baik alhamdulillah. Kepalanya udah nggak sakit lagi. Tapi semua berubah setelah aku sarapan dan siap buat ngampus. Kepala kembali kerasa berdenyut-denyut. Nggak sanggup. Pokoknya hari ini harus diperiksa! Akhirnya aku niat serius buat diperiksa. Seenggaknya aku bisa konsultasi sama kepalaku. Nggak dibiarin. Setelah konsul sama pacar--yang juga anak kesehatan--dia menyarankan buat diperiksa aja. Mama sama Bapak juga nyuruh diperiksa aja. Baiklah.

Sekitar pukul setengah 10 selesai ngampus, aku langsung bergegas ke Klinik Pelayanan Kesehatan kampus ditemenin sama Upiw. Alhamdulillah dia berbaik hati dan suka rela nganterin aku. Kebayang kalau aku sendirian. Udah pelanga-pelongo kayak anak ayam tanpa induk. Setelah daftar, aku nunggu giliran dan langsung ditensi sekaligus menceritakan keluhan. Ternyata masih darah rendah. Hasil tensinya 90/60. Ya ampun Dwi... Kenapa sama kamu sih? Padahal udah jarang begadang lagi. Tidur malem juga paling jam setengah 11. Itu malem woy!

Singkat cerita aku masuk ke ruangan dan konsultasi sama dokternya. Ternyata itu memang kecapekan. Kurang tidur, kurang makan sayur, kurang istirahat dan bisa aja stress. Stress, ya? Mungkin efek galau beberapa waktu lalu, ditambah beban UTS dan sakit di awal bulan. Terus, stress apa lagi ya? Hhh.. Nggak tau deh. Akhirnya setelah ngalor-ngidul ngobrol, aku langsung ambil obat ke apotek. Alhamdulillah ternyata resepnya gratis hehe. Karena aku mahasiswa di sana jadi nggak perlu bayar deh.

Yes, maybe I'm tired.


Pelajaran yang bisa dipetik:
1. Kalau galau jangan terlalu diresapi. Karena bisa berujung banyak pikiran, akhirnya stress.
2. Kuliah dinikmati, jangan terlalu dipikirin. Nanti banyak pikiran juga akhirnya stress.
3. Istirahat cukup dan atur pola makan. Minimalnya harus makan sayur setiap hari meskipun cuma sekali. Biar badan sehat.
4. Usahakan olahraga minimal seminggu sekali.
5. Jangan tidur malem-malem. Kasian, udah seharian aktivitas, tubuh lelah, kalau kurang tidur nanti tubuhnya kecapekan buat aktivitas besok.

Okedeh segitu aja dulu cerita nggak jelas malam ini. Kalian jaga kesehatan yaaa. Sakit itu mahal. Tapi sehat lebih mahal. So, jangan sampe stress. Hidup bawa enjoy aja :)


With love,

27 comments:

  1. Bener kak, sehat itu lebih mahal. Kalau sakit itu nggak enak ngapa-ngpain :D
    Emang sih ya terkadang kalo terlalu banyak pikiran ujung2nya malah stres, nah makanya kak jangan terlalu dipikirin. Bawa santai aja kak :D
    Yah, sayang sekali ya kakak nggak suka sayur. Kalo aku sih sekarang malah suka banget, biasanya dioseng2 gitu kak. Meskipun kakak nggak suka sayur, setidaknya lebih menjaga pola jam tidurnya. Semoga tidak kambuh lagi ya kak sakitnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang banget huhu..

      Iya kayaknya aku emang lagi banyak pikiran. Pikiran apa tapi-_-
      Haha iya aku nggak suka sayur. Suka sih, dikit-dikit. Nggak tau kenapa padahal dibilang nggak enak juga enggak. Aamiin, makasih Fatimah :)

      Delete
  2. jaga pola makannya, fisik wanita itu tak sekuat cowok. ya kegiatan boleh banyak asal diatur waktunya dek. met beraktifitas dan jga pola tidur n makannya (sok dokter) tapi kk jurusan tek mesin heheh

    ReplyDelete
  3. GWS ya :D
    Jangan banyak pikiran.. salut juga nih, lagi sakit tapi masih bisa nulis blog hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Yud makasih yaa.
      Haha namanya juga cinta. Pasti disempetin kalo emang sempet.

      Delete
  4. aku juga sering darahnya rendah dwi, kadang-kadang saking sibuknya kan gak sempat buat perhatiin pola makan. tidur juga kadang larut karna menyelesaikan pekerjaan yang dibawa pulang karna mesti siap esoknya.

    iya juga ya, kalau udah stress ngefek banget ke kesehatan. galau juga gak baik buat kesehatan. semoga dwi cepat sembuh dan gak dibayang-bayangin lagi sama si darah rendah. aamiin. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nggak enak banget kan Kak:(

      Haha galaunya berlebihan mungkin. Oke, kamu juga jaga kesehatan ya Kak. Semoga nggak darah rendah lagi. Iya aamiin :)

      Delete
  5. itu jleb abis sih makannya sok sok diet. | diet apa lagi? udah kurus gitu hahaha kok jadi kasian dengan kamu dwi.
    Iya bener banget.. aku juga sempat hampir strees sebelum UN. tapi untung aja bermental juara hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha habis aku ngerasa gendut tapi orang bilang malah kurus-_- kasian kenapaaaa?

      Alhamdulillah kalo gitu. Oalah baru selesai UN ternyata. Selamat selamat!

      Delete
  6. Hipotensi itu gak baik, tubuh yang lemah bisa berujung pada hal krisis. Ikuti saran dokter, dan jangan makan mie atau awetan. Hindari pula makanan kaleng, minuman soda, saus sambal botolan. Coba sebagai anak kos makan nasi padang atau warteg, jangan jajan baso atau mie ayam, yaa.
    Semoga lekas pulih, Dwi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya padahal sekarang udah jarang makan makanan pengawet gitu kok. Minuman soda sama sekali nggak pernah. Cuma kurang sayur buah aja Mbak hehe.

      Makasih untuk sarannya ya. Aamiin :)

      Delete
  7. galau bisa menyebabkan sakit juga.. namanya kehidupan harus senantiasa disyukuri, walaupun semua ini hanya terlihat fana, halah.

    biasain makan sayur loh Wi, sayur itu baik buat kesehatan. bisa bikin rambut kuat juga loh.. enggak gampang rontok. kalo jarang makan sayur ntar botak loh, ati2..

    btw.. gimana keadaannya sekarang? udah sembuh dengan obat gratisannya? :D

    pelajaran yang kamu kasih buat yang lain juga diterapin buat kamu sendiri yak~

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh.. btw font blognya diganti ya? agak gedean deh kayaknya yang ini..

      Delete
    2. Cielah bahasanya Bang~

      Iya bener Bang. Meskipun males serem juga ya. Oh aku kira rambut lebat karena shampoo yang diiklanin itu. Ternyata karena sayur ya.

      Alhamdulillah sakit karena obat itu sembuh. Tapi malah sakit ke yang lain. Haha. Harus nyari obat gratisan lagi kayaknya.

      Siap! Iya ini diganti lagi Bang. Udah enak yang ini kayaknya. Aku kan setia. Nggak biasa ganti-ganti. Hmm...

      Delete
  8. hai kak! mangkanya jangan enggak suka makan sayur dan jangan suka begadang.. haha.. masuk akal semua sih penyebabnya, tapi kalau yang sering galau sampe stress itu... ahahahahah!! :D

    btw aku juga punya darah rendah loh, tapi enggak pernah berobat. Sembuh-sembuh sendiri setelah istirahat total beberapa hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Hud iyaaa. Begadang mah udah nggak sih. Sayur doang yang susah haha. Tapi kalo galaunya menginspirasi kan baguuuss :D

      Iya emang istirahat sama minum air putih juga cukup kayaknya ya.

      Delete
  9. waaah kak, jangan sakit lagi dong, ntar yang ngasih komentar di blog ku siapa? hehe
    kakak bandel sih, di suruh makan sayur aja ga mau, di suruh tidur agak sore malah tidur jam 11. makan sayur itu penting kak, yaa meskipun ga suka sayur seenggaknya makan dikit lah. kan sayur juga termasuk 4 sehat 5 sempurna juga hehe. oh iya, jangan galau juga. galau gapapa sih, tapi jangan diresapi sampe stress gitu kak.

    gue doain semoga sehat selalu aja deh dan kepalanya ga nyut-nyutan lagi. turutin apa yang diomongin dokternya.

    btw, header nya berubah yaa? judul blog nya juga berubah? biasanya kan amateur author, sekarang di ganti moody author. tapi header yang sekarang lebih keren kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya ya? Aku ngeramein dong? Cie~
      Bener nih. Nggak nurut-___-

      Iya harusnya galau secukupnya aja. Sekedar buat dapet inspirasi. Tapi inspirasi juga nggak selalu dapet dari galau kok.

      Aamiin. Siap siap Rey.

      Iya nih nyoba-nyoba aja belajar pake photoshop. Seederhana banget sebenernya. Makasih makasiihh. Ntar pengen belajar lagi biar bisa bikin yg lebih keren.

      Delete
    2. tapi kayak nya kak Dwi kebanyakan dapet inspirasi dari galau nya deh. yakan?

      sederhana tapi bagus. oh iya btw kalo moody author itu makna nya apa? dan kenapa kok diganti moddy author?
      sori kak kepo dikit hehe

      Delete
    3. Ya iya sih kayaknya emang banyak dari galau hahaha.

      Itu karena aku penulis yang moody. Kadang semangat, kadang enggak. Tapi mau se-mood apa pun, tetep blog jadi tempat menyalurkannya :D

      Delete
  10. aku tau rasanya, orang yang g suka makan sayur terus di paksa makan sayur. pasti lebih menderita daripada pacaran, terus di break sementara karena UAS...

    kalau aku boleh saran... yang penting jangan terlalu banyak pikiran sih... biar tetep sehat... gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kamu curhat ya Dali? Haha

      Iya bener, semuanya harus dibawa enjoy. Jadiin pelajaran aja nih buat ke depannya..

      Delete
  11. nah kan, darah rendah. polamakan harus dijaga mbak. tidur juga jangan larut. uh!

    ciyeeh, ke kliniknya knapa enggak di anter pacar sih? ahaha. kali aja kalo abreng pacar bisa mendadak ilang pusingnya.

    nah, coba deh biasain makan daging yang mbak sebut di atas tadi, itu enak lho. saya aja jarang makan daging, setahun sekali pas lebaran qurban. sedih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak bener bener.

      Pacarnya lagi sibuk kerja, itu pun atas saran pacar kok. Huehe..

      Nggak suka banget kalo daging kambing :(
      Masa sih? Ya ampun sesedih itukah? Turut prihatin aku Kak...

      Delete
  12. Makanya harus ingat kata bg roma irama "Begadang jangan begadang kalau tiada artinya, begadang boleh saja,,,,, kalau ada perlunya *tarik mang.... *lah kok jadi nyanyi
    Kesehatan itu harus dijaga, walau kita mahasiswa yang jauh dari orang tua alias kos makanan juga perlu diperhatikan dan teratur. Agar jangan jadi penyakit dikemudian hari. -Litna, pakar kesehatan anak kos- Hehehhe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya bener nih. Begadang juga kalo nugas aja kok biasanya.

      Bener. Belajar pelan-pelan deh. Sekalian belajar buat jadi ibu rumah tangga juga nanti ya :D

      Delete

Komentar gratis, curhat gratis, iklan bayar!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...