[Tips] Mengatur Keuangan Ala Anak Kosan

Thursday, March 20, 2014


Sudah beberapa minggu terakhir ini aku lupa rasanya hangout, main, jalan-jalan ke mall, kuliner makanan yang belum dicobain. Bahkan, untuk sekadar beli Mc. Flurry pun susah. Bukan, bukan karena aku terlalu kesulitan uang. Itu juga sebenernya sih. Tapi bukan itu alasan utamanya. Alasannya karena susah nemu waktu yang pas buat hangout. Ada waktu, tapi nggak punya temen keluar. Ada temen yang ngajak, tapi keuangan lagi nggak pas. Malah, jalan sama pacar juga udah lupa kapan terakhir kalinya. Saking udah lamanya nggak ketemu. Sama-sama sibuk :(

Sebenernya aku bukan mau curhat tentang itu sih. Itu hanya sebagai latar belakang dibuatnya tulisan ini. Cielah... udah begaya banget kayak bikin karya tulis aja pake latar belakang segala, ya. Tapi emang bener. Aku mau berbagi tips hemat ala anak kosan nih.
Sebagai anak kosan yang butuh hangout, nabung, beli buku, tapi kondisi keuangan pas-pasan, mau nggak mau, aku harus belajar ngatur keuangan. Kenapa? Ya kalau nggak, uangnya cuma bisa dipake hidup aja. Nggak bisa untuk beli buku, nabung, atau hangout tadi. Okay. Berbekal pengalaman dari Sang Mama yang sangat bisa mengatur keuangan keluarga, akhirnya aku belajar juga cara mengatur keuangan di kosan. Check it out, guysss!

Niat.
Iya, ini penting banget sih. Apa-apa emang harus diniatin banget dari hati. Kalau nggak ya hasilnya pun nggak akan sesuai yang diharapkan. Seenggaknya kalau udah punya niat, kamu tau gimana saat udah nyerah buat hemat.
Buat anggaran.
Apa nih maksudnya? Misalnya kamu dikasih uang mingguan 200 ribu. Nah, langsung anggarkan uang 200 ribu itu untuk apa aja. Buat belanja keperluan kosan 50 ribu. Catat barang apa aja yang HARUS dibeli dengan perkiraan harganya. Terus untuk makan seminggu 100 ribu, catat kira-kira kamu bakal makan apa aja. Terus 20 ribu untuk biaya lain-lain. Nah, ada sisa 30 ribu kan. Tapi, itu baru anggaran. Perkiraan. Bahkan harga-harga untuk belanja pun masih anggaran, belum harga pasnya. Makanya, buat anggaran coba dilebihin dikit harganya. Kecuali kalau udah hapal, bolehlah dipas-pasin.
Bedakan antara yang INGIN dibeli dan yang HARUS dibeli. Kenapa?
Banyak orang yang nyesel setelah mereka beli sesuatu. Kenapa? Ya karena mereka membeli barang yang mereka ingin. Bukan yang mereka butuh. Akhirnya setelah nyampe kosan jadi mikir, “Kok aku beli ini ya? Padahal kan lumayan uangnya kalo ditabung.” Nah. Sebelum nyesel, tolong bedakan dulu mana kebutuhanmu, mana keinginanmu. Bukan berarti kamu nggak boleh menuhi keinginan, lho, ya. Tapi, keinginan dipenuhi nanti aja kalau ada uang sisa.


Masak nasi sendiri.
Oke, ini juga kegiatan wajib untuk anak kosan yang sedang berusaha hemat. Lumayan loh, sekali makan, nasi kan harganya sekitar 2500-3000. Kalau sehari kamu makan tiga kali, udah 12.000. itu kalau sehari. Kalau seminggu? Tuh, udah 84.000 kamu menghemat uang dari nasi doang. Terus, kalau kamu masak nasi di rumah, kamu bisa punya alasan buat nolak saat diajak temen makan di luar. Misalnya:
Temen: “Yuk kita makan di kafe itu. Menunya enak-enak, lho.”
Kamu: “Aduh, aku masak nasi di kosan. Maaf ya, aku nyari lauknya aja.”
Tuh kan. Selamatlah uangmu. Bukan berarti nggak boleh makan di kafe, ya itu sih terserah kamu aja. Cuma kalau emang keadaannya nggak memungkinkan, jangan maksain tiap makan harus di restoran deh-_-
Atur jadwal main.
Ini juga penting buat seorang mahasiswa yang mau bisa ngatur keuangan. Gimana mau keatur coba kalau tiap hari main dan jalan-jalan? Jadi, jadwalin aja waktu mainmu kapan. Misalnya seminggu sekali cukup. Mainnya mau ke mana, budget berapa, itu perlu diperhatiin juga. Biar kamu bisa ngatur anggaran buat kebutuhan yang lain. Khusus buat yang uang bulanan nih. Kalau ngejadwalin main seminggu sekali, saat minggu pertama keluar budget banyak buat main, jangan keluarin budget banyak lagi di minggu kedua! Inget, kamu masih punya waktu tiga minggu buat hidup!
Nabung di awal minggu atau bulan.
Nah, setelah kamu memperkirakan anggaran untuk minggu ini, kan ada perkiraan sisa uang, tuh? Langsung tabungin! Kenapa? Kalau nabung di akhir minggu, aku berani jamin uang untuk nabung itu langsung ludes. Nggak percaya? Cobain sendiri gih.
Sering-sering ke perpustakaan.
Kenapa? Kalau uangmu udah habis dan nggak cukup untuk beli buku, satu-satunya cara biar kamu bisa tetep baca ya ke perpustakaan. Kecuali kalau kamu mau bagi jatah antara beli buku dengan main. Misalnya jadwal main jadi sebulan dua kali dan beli buku juga sebulan 2 kali. Ya itu sih nggak pa-pa. Jadi seimbang kan ya. Main tercapai, buku kebeli, wawasan bertambah, uang tetep bisa diatur:))
Jangan cari wifi di kafe.
Aku bilang gini karena aku udah pengalaman. Niatnya mau cari wifi gratis, tapi dateng ke Mc.D. Mau nggak mau aku harus beli lah ya sekedar minuman doang. Nggak mungkin dateng ke sana cuma nebeng gratisan. Niatnya mau hemat, tapi malah jadi boros. Beruntunglah bagi kalian anak kos di Bandung karena Pak walikota udah mulai ngerapiin taman-taman yang dilengkapi dengan fasilitas wifi gratis. Kenceng lagi. Ya kalau nggak ada, di kampus juga kan pasti ada free wifi. Pokoknya usahakan buat nggak ngewifi di kafe kecuali emang niat sambil makan.
Pintar pilih-pilih teman.
Tolong digarisbawahi ya, kalimat itu bukan berarti aku nyuruh kalian buat bener-bener pilih teman. Kamu berteman dengan siapapun ya terserah. Itu hakmu. Tapi, biasanya karakter seseorang itu akan terbentuk karena teman. Karena lingkungan. Percaya atau nggak, aku pernah ngalamin ini. Kalau kamu berteman akrabnya sama teman-teman yang boros, jalan terus, hangout sana sini, ya pasrahlah uangmu akan habis di hari ketiga. 27 hari kemudian, kamu mau makan apa? Berteman sama mereka boleh, tapi ya secukupnya aja lah. Cukup kenal dan tau aja. Kecuali kalau kamu bisa jaga diri buat bertahan hemat di tengah mereka yang boros.
Komitmen dan konsisten.
Semua tips di atas nggak akan berpengaruh kalau kamu nggak bisa berkomitmen kuat dan konsisten.



So, safe your money to a better future! *udah berasa jargon program asuransi aja ya*. See u!



With love,

You Might Also Like

38 komentar

  1. hahaha,,,,,,,,,
    gue udah sering banget, baca tips'' kyak gni, tapi ttep aja susah buat jga duit... _ _".... smoga kedepannya bsa ngatur keuangan. amin.

    emang bner sih, tmen ngaruhin juga. klo emang tmennya sring jlan, dan skali mkan sampe lima puluh rebu, bakalan tekor duluan uang kita - -'....

    dan memang harus dibedain sih, mana barang yg d prioritaskan pertama. klo skedar ingin, nnti ujungnya malah kyak gtu.

    tpi yg terpenting dari smua ini sih poin yg nomer satu. niat.

    sdkit msukan nih, wi. itu pas nlis cara''nya, ada beberapa yg ga kliatan tlisanna. soalnya warnanya yg trllu terang. itu aja sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mungkin niatnya belum pas jadi masih suka kegoda-goda gitu yaaaa?
      Haha dikontrol aja coba lain kali.

      Oh iya thanku makasukannya ya

      Delete
  2. Kayaknya buat ngatur keuangan harus dilakuin sejak dini, waktu kuliah itu rasanya pas banget dah.
    Soalnya gue ngerasa banget yang waktu kuliah gak pernah ngatur keuangan giliran udah kerja duit gak bertahan lama -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan bener.. Udah tua tambah susah malahan. Apalagi udah ngerasa punya uang sendiri.

      Delete
  3. dari dulu saat masi kuliah saya termasuk orang yang boros, gak bisa ngatur uang dengan semestinya. bahkan sampai sekarang, udah bawaan dari lahir mungkin.

    nabung awal bulan juga abis ditanggal itu juga, kayaknya uang itu selalu merayu buat di belanjain gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha kalo nggak bisa niat dan komitmen sih ya pasti uangnya dadah buat belanja kak~

      Delete
  4. Wah ..
    Tenyata untuk mengatur uang itu,, lumayan ribet ya ??!!!

    Aku setujuh banget, sama kamu tentang harus lebih pilih teman main. Emang sich yang paling sering bikin kita boros itu yach ajakan teman nongkrong. Apalagi kalo udah nongkrong di tempat yang mahal. Tapi, terkadang susah menolak permintaan teman. Takut dibilang gak asiklah atau gak serulah, atau yang saking parahnya dibilang PELIT ... duuuh,, freak banget memang.

    Ternyata, aku masih susah milih Teman atau Hemat untuk menjadi prioritasku.

    Nice Post.
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang paling penting no 1 dan 10. Caranya sih tergantung masing-masing orang sebenernya.

      Haha bener tuh. Kadang nggak enak kalo nolak ajakan temen.

      Delete
  5. gue paling sreg sama yang sering2 ke pustakaan sob,lebih hemat dan kalo soal pinter2 pilih temen gue gk setuju bgt sob kasihan temennya hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang sih. Sebenernya balik ke kita juga. Kalo emang niat, meskipun temen boros ya kita tetep bisa hemat Mbak.

      Delete
  6. gue udah pernah ngalamin semua karena gue juga anak kost yang tersiksa haha cuma sering kalah sama nafsu belanja, kalau cara gue sih manfaatin aja yang gratis kalo ada kayak wifi di kampus atau cari tambahan dana lewat lomba atau giveaway/ kuis itu membantu banget untuk keuangan lho :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cowok suka belanja apa emang? Haha.
      Iya bener bener. Kirim tulisan ke media cetak juga bisa kok.

      Delete
  7. Hahaha.... kena banget ama gue..
    Ia nih sebagai anak kuliahan yg jauh dari orang tua. Jadi harus pintar2 ngatur keuangan..

    Masalah terbesar gue ketika uang sudah mau habis sebelum tanggal baru.., sampai ngacak2 lemari dan berharap mujisat dapet duit dibalik saku celana

    Gue suka ke warkop internetan pake wifi gratis, tapi untuk menghemat uang kadang saya ngga mesen wkwkw..

    Mahasiswa cwo, kadang malas masak dikosan, lebih milih makan di luar.. dan akhirnya tersiksa sendiri dipenghujung bulan
    Uang bulanan dikit, ngga bikin gue nyerah gue ngelamar kerja di kantor media cetak. Itung2 bisa nambain uang saku tiap bulan kalo udah gajian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha sampe segitunya kah?
      Itu nggk mesen emang nggak disinisin pelayannya ya?

      Iya sih, kalo mau makan di luar juga pinter-pinter aja pilih makanan yang hemat. Wah keren tuh bisa sambilan kerja juga~

      Delete
  8. wah berguna banget nih tipsnya buat anak kos an kaya aku. tapi aku kan cowo jarang belanja2 gitu -_- anggarannya paling buat makan, beli bensin motor, isi pulsa hp. sisanya buat jalan2 sama pacar mwehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pas jalan-jalan sama pacar biasanya susah diatur tuh ya~

      Delete
  9. susah emang ya kalo jadi anak kosan, tapi bisa juga untuk melatih kemandirian buat ngatur uang dan sebagainya. gue sih yang masih hidup di bawah ketiaknya mama masih bersyukur banget karna tidak terlalu repot untuk mengatur keuangan terutama kebutuhan makan. tapi setelah lulus SMA ini sih kayaknya gue bakalan dilepas sama mama buat belajar cari uang sendiri karna biaya kuliah yang juga mahal. kok malah curhat ya gue. gapapa yaa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya nggak papa, bebasss.
      Tuh, coba aja dipraktekin satu-satu. Lumayan kalo udah bisa ngehemat sejak dini..

      Delete
  10. wkwk tipsnya keren nih buat orang yang pelit mau ngirit :D

    ReplyDelete
  11. post yang berguna bagi mereka yang survive :) ada tambahan juga, kalau pengen dapat buku gratis daripada capek ke perpus. Bisa meresensi buku-buku baru nanti bisa dapat reward buku baru dari penerbit. Terus bisa tuh nulis di koran, kalau lolos dapat uang dari kampus. itu kalau di kampus saya sih :) kalau di kampusmu bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya di kampusku nggak ada. Tapi bener sih, bisa juga tuh ikutan giveaway dan semacamnya. Lumayan kalo menang :D

      Delete
  12. Karena saya masih tinggal bersama orang tua saya. Jadi soal keuangan saya masih di-manage oleh mereka. Hehe. Apalagi yang me-manage itu ibu. Beh, jagonya bukan main...

    Pesannya bener banget. Semua itu nggak akan berpengaruh buat kita. Kalau kitanya sendiri nggak bisa komitmen. Percuma udah niat dari kapan tau, tapi kalau kegoda sedikit langsung kena. Ya, percuma. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha mama emang orang paling pinter memanaje keuangan. Harus dicontoh tuh.

      Iyaa, yang paling penting no 1 dan terakhir.

      Delete
  13. bener banget nih tipsnya. Anak kosan banget.

    Saya juga ngerasa boros banget orangnya, apalagi pas baru dapet uang, tahu-tahunya udah mau habis aja.

    Hampir semua tips udah pernah saya lakuin, tapi ada satu tips yang sampai saat ini saya susah banget buat saya, komitmen dan konsisten itu. Niat mah udah tebel, udah mencoba nabung, pas kekumpul langsung habis aja. Cowok emang lemah dalam hal beginian, makanya butuh seorang cewek.

    Yang jangan di kafe itu bener banget, nguras uang banget. mending di kampus, sejuk dna pasti gratis juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong haha

      Bener kak, itu penting banget si komitmen dan konsisten. Kalo nggak ya udah habis lagi deh uangnya-_-

      Setuju deeehhh

      Delete
  14. ini tipsnya cerdas banget, iya jangan wifian terus, apalgi di kafe, uh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Udah habis uangnya dipake beli makan atau minum :(

      Delete
  15. Nah ini akuntan yang baik nih gini. Prinsip ekonomi itu dipakek. Terutama di tips Jangan Cari Wifi Gretongan di Cafe. Niat buat ngeblog doang. Malah jadi ajang ngisi perut. Laaah gak konsisten banget. Gue nyolong wifi gretongan sih di taman perkantoran gubernur. Kenceng banget wifinya, tapi sayang, gak ada colongkan kabel. Ye jadi cuma bisa menikmati beberapa jam doang sampe laptop sakaratul maut -_____-

    Cuma untungnya gue bukan anak kosan. Masih tinggal bareng orang tua. Makan gratis. Jadi gue gak tau gimana susahnya ngatur keuangan anak kos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong biar pinter ngurus keuangan rumah ntar haha
      Wah samaan kalo gitu.

      Nah harus belajar kalo gituuu. Susah banget tau :|

      Delete
  16. Untung gue kuliah di bandung jadi wifi gratis dimana hehehe :D
    ank kosan fakir koneksi (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah samaan dong wifi hunter kitaaa. Anak kosan bandung haha

      Delete
  17. udah buat anggaran, masak nasi sendiri, atur jadwal main, nabung di awal, tetep aja suka bablas (.____.)
    tapi lumayan sih bablasnya gak kebangetan bgt..

    ReplyDelete
  18. Lia orangnya kadang boros kadang hemat *lah? ._.
    Tapi Lia itu kalo mau nabung susaaahh banget, pasti aja ada godaannya u,u
    Yah, emang yg paling penting itu niat sih. Mungkin niatku kurang kuat -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah sama dong kalo gitu :D

      tapi alhamdulillah aku bisa ngatur dikit-dikit keuangan..

      Delete
  19. Setuju sekali tuh.. memang benar selama ini aku kurang nih kalau soal nganggarkan uang untuk apa-apa, ujung-ujungnya ludes entah kemana....
    Ssip... iini tips tips asyik dan berguna.. sudah saatnya aku menabung..

    ReplyDelete

Komentar gratis, curhat gratis, iklan bayar!

recent posts