Monday, 3 March 2014

[Part 2] Kopdar BE Bandung (antimainstream)


Hai haii... kali ini aku mau ngelanjutin cerita kopdar di hari Sabtu. By the way, kenapa ya aku kalo cerita pengalaman kebanyakan lebih dari 1 postingan? Nggak ngerti-_- ya udah yuk kebanyakan opening nggak jelas mending langsung aku ceritain. Dan mungkin ini akan panjang banget. *Cecil, jangan lupa baca ceritanyanya!* :))

Eh, yang belum baca part 1nya, ke sini aja.

Nah, setelah dari gua Jepang, kami ngelanjutin perjalanan. Masih nggak tau sih tujuannya mau ke mana. Tapi kami ngikutin Kakhen aja toh dia yang lebih tau tentang tempat ini.

Jalan setelah keluar gua

Ternyata jalannya cukup jauh begitu keluar gua. Aku udah berdoa semoga nggak dilanjut masuk ke gua Belanda. Di sana selain ada gua Jepang, juga ada gua Belanda. Tapi enaknya ada curug juga. Atau biasa disebut air terjun. Di sana ada beberapa air terjun diantaranya ada air terjun curug Omas, air terjun curug Lalay, air terjun curug Dago. Aku nggak tau kenapa dinamain itu, soalnya nggak sempet nyampe sana. Tapi kalo yang curug Lalay, itu karena di sana banyak kelelawar yang orang sunda sebut sebagai Lalay.

Salah satu warung kecil yang ada di sana

Suasananya hutan banget. Panas pula

Setelah jalan cukup jauh, akhirnya... jeng jeeeeennnnggggg! *muka panik*



Fake smile (kiri). Padahal dalem hati udah deg-degan abis

Setelah kami nyampe di depan pintu gua, ada lagi bapak-bapak yang nyewain senter. Tapi untungnya gua ini lebih terang dibanding gua Jepang tadi. Kalo di gua Jepang, setiap ujung mentok-mentok. Kalo gua Belanda ini ada jalan keluar. Jadi kami berdiri di pintu gua, nah di ujung (lurus) ada pintu keluar. Mungkin panjangnya sekitaran gua Jepang juga. Yang bikin beda juga, di gua ini lorongnya lebih sempit. Ujungnya juga agak runcing, nggak kayak gua Jepang yang lonjong. Dan, jalan di gua ini udah rapi, nggak kayak Jepang tadi yang bergerigi karena batu-batuan.

Pict source: di sini


Awalnya kami nggak akan masuk, tapi ngeliat ada petunjuk buat menuju curug itu, kami penasaran. Aku emang maunya ke curugnya, nggak ke guanya. Ngeliat di pintu gua sih sekitar 1 km, tapi harus lewat gua. Kalo lewat jalan lain malah 4 dan 5 km (ada 2 curug). Dengan bujukan-bujukan temen-temen yang keren itu, akhirnya aku setuju buat masuk situ. Oh iya, kali ini tanpa panduan ataupun senter sewaan. Cukup pake senter dari HP-nya Reres aja. Seperti biasa, selama di dalem aku baca-baca doa jangan sampe pikiran kosong. Aku gandeng lagi tangan Kakhen erat-erat. Dan, ser... udaranya dingin banget gila. Bikin bulu kuduk merinding. Oke, aku positive thinking aja mungkin namanya gua pasti dingin. (padahal nggak tau juga sih). Ternyata di gua ini lebih sepi, nggak kayak gua Jepang tadi yang cukup rame.

Horeeee! Alhamdulillah akhirnya nyampe juga keluar. Begitu tiba di pintu keluar, ada tukang ojeg yang nawarin kalo mau ke curug. Kami pun liat petunjuk untuk nyampe di curug, ternyata 4 km lagi. What?! Mana petunjuk yang 1 km tadi? Aku ngoceh-ngoceh dalem hati. Berhubung langit berubah mendung, Kakhen nyaranin biar kita balik lagi aja. Jadi, harus masuk gua lagi? Oh please... Saat itu aku udah berharap ada doraemon yang ngasihin baling-baling bambu biar aku nggak mesti masuk ke sana (lagi).

Kami sempet debat lagi di sana. 3 lawan 1 sih pasti akhirnya aku kalah. Dalem hati udah pengen nangis ketakutan. Mamaaaa tolongin anakmu, Mah... Dan saat kami lagi debat, si tukang ojeg itu nimbrung bilang, "Jangan mikir macem-macem Neng. Ini mah bukan dunia lain."

Yang lain ngeiyain. Terus aku lupa siapa yang bilang, "Ya udah Dwi kamu jalan di tengah aja." Maksudnya aku kayak dikawal gitu sama yang lain. Kakhen di kiri aku (tentu aku gandeng lagi dia), Reres di kanan dan Arie di belakang. Serius, kalo aku inget lagi sekarang, kenapa aku selebay itu ya?-__- sampe harus dikawal segala hahaha. Tapi emang bener takut sih.

Masih sempet ngeksis meskipun takut


Akhirnya kami kembali masuk setelah ada rombongan keluarga yang masuk juga. Mereka banyakan, jadi kami nggak kesepian. Alhamdulillah bisa keluar dengan selamat dan baik-baik aja. Makasih ya Kakhen, Reres dan Arie yang udah suka rela nolongin aku, maaf ya terlalu merepotkan sampe segitunya :D

Kami pun jalan kembali ke tempat awal untuk liat monumen Ir. H. Djuanda. Tapi baru setengah jalan, ternyata tiba-tiba hujan. Untungnya pohon-pohon di sana rindang, jadi kehalang sedikit lah, lumayan. Tapi karena hujan makin deras, kami memutuskan untuk istirahat dulu. Udah capek juga jalan jauh sebenernya.

Akhirnya begitu hujan udah turun agak rintik-rintik, kami kembali bergegas ke monumen yang letaknya deket dari situ. Ternyata di sana juga lagi ada yang kayak latihan dasar kepemimpinan gitu. Post to post, pake baju putih, bawa bawaan yang macem-macem. (jadi inget zaman SMP-SMA).


Monumen Ir. H. Djuanda

Eksis sebelum pulang

Akhirnya kami pun memutuskan untuk pulang dengan sebelumnya sholat dulu sambil nunggu hujan agak reda. Berhubung Arie mau kuliah lagi dan aku mau main lagi haha.

Makasih ya buat Kakhen yang udah bela-belain ngundur waktu pulang demi ketemu kami-kami. Dan lagi aku malah ngerepotin ya di sana hahaha. Get well soon juga, Kakhen sampe sakit gara-gara pulang ujan-ujanan:(

Makasih juga buat Reres yang udah bela-belain jauh-jauh dari Nangor buat ketemu kami-kami. Meskipun kita jadi ujan-ujanan, tapi seru banget ya!

Makasih juga buat Arie yang udah bela-belain pulang kuliah ketemu kami-kami, dan pulang dari sana pun langsung kuliah lagi. Keren keren!

Oh iya, ternyata gua-gua itu selain dipake buat penyimpanan senjata, juga dipake buat menyiksa tentara musuh. Terus katanya kalo yang bisa ngeliat dan ngerasain, mereka malah sedih karena kasian sama tentara-tentara itu. Aku diceritain sih sama pacar setelah pulang dari Taman Hutan Raya itu. Untungnya aku udah nggak di sana lagi jadi nggak terlalu takut banget =)

Ya begitulah cerita kopdar anak-anak BE Bandung. Meskipun sedikit yang dateng, tapi banyak dapet pengalaman baru yang keren dan seru banget! Meskipun agak horor. See u next time, temen-temeenn!:)



With love,

23 comments:

  1. gaul banget yah Bandung Gua jepang belum puasa lanjut ke Gua Belanda hahaha
    Kalo gue pas ikut Kopdar BE jakarta muter2nya di FX Sudirman nyari tempat buat duduk aja susah..

    ini malah jalan2 mulu kayak gak ada capeknya..
    tapi btw asik kan.. dari ngeblog jadi punya temen baru, jadi punya pengalaman seru masuk gua Belanda walaupun harus dikawal tiga orang haha..

    Moga kapan2 bisa kopdar lagi dengan makin banyak personel

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah.. tadi ngakak-in komennya BE yang typo sekarang malah gue yang typo..
      kena karma kipdar gue :/

      Delete
    2. Hahaha lagian sih kamu malah ngetawain bang. Karma itu selalu dateng loh. *sotoy minta ditoyor*

      Iya makanya pas sebelum pulang sambil nunggu ujan kami istirahat dulu. Pegel gila.

      Asyik banget, nemu temen dan pengalaman baru. Pokoknya seru deehh. Ya.. ya.. terutama pengalaman masuk gua sampe harus dikawal . *ini malu banget bang, sumpah*

      AMiinn, kopdar nasional bisa kaliii

      Delete
  2. Ngomen di sini aja ah, di part 1 udah rame. Ngomen di post yang masih sepi biar berasa anti-mainstream juga, ihik.

    Keren+seru banget kopdarnya, aroma petualangan+sejarah+horor sekaligus, masuk gua keluar gua :D
    BE Bandung kopdarnya di gua. Yampun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciee ka tyar mau ikutan antimainstream ceritanya.

      Iya bener bener, semua rasa bercampur jadi satu deh pokoknya. Bener-bener asyik!

      Delete
  3. haha ngakak tkangnya ojeknya bilang ini bukan dunia lain. yang dunia lain aja banyak boongnya. tp gak papa lah. cewek wajar takut gt. nah kalo cowok

    ReplyDelete
  4. haha ngakak tkangnya ojeknya bilang ini bukan dunia lain. yang dunia lain aja banyak boongnya. tp gak papa lah. cewek wajar takut gt. nah kalo cowok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dia bisa baca pikiranku kayaknya haha. Bener, cowok seenggaknya harus lebih berani.

      Delete
  5. Arie keren banget bela-belain buat ketemu kalian lagiiii so sweeet :)
    eh btw kok guanya banyak banget Sih Dwi? aku belum pernah ke sana, malahan baru denger ada tempat itu huaaaaa
    oya ditipu sama petunjuk curug yaaa?
    1km ternyata 4km hahahahhaa
    but kopdar kalian emang kereeeeeen
    ANTIMAINSTREAM BGT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak mey dia niat banget meskipun nyasar jg haha

      Ada 2 kak, yang jepang 1, belanda 1. Makanya ayo sini kak nanti kita main-main. Tapi aku tunggu di luar aja ya :p

      Iya petunjuk arahnya menipu banget:(

      Iya dong kak \m/

      Delete
  6. Emang bukan dunia lain sih tapi lain dunia. *apa sih* kamu kebanyakan nnton film horor tuh makannya jadi parno gitu, -_- tukang ojeg tadi bener :D

    Seru yah, semoga Heni cepet smbuh :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apaan kan gak jelas haha. Nggak pernah, liat cover film horor aja nggak berani-__-

      Amiinn. Udah sembuh kayaknya sekarang

      Delete
  7. GAK KOK, AKU GAK BACAAAA.. IYA GAK BACAAAAAA~

    Gak kapok di Goa Jepang tadi? Berani masuk ke Goa Belanda gitu.
    Tapi emang "jangan mikir macem-macem neng. Ini mah bukan dunia lain".
    Sugesti itu yang bikin kamu ngerasain hal aneh-aneh.

    Kenapa balik lagi masuk ke Goa Belandanya gak naek ojek abang itu?
    Cepet dan pasti gak capek ._. haha

    Akhir komentar, alhamdullilah ini postingan terakhir.
    Berarti terakhir juga aku baca postingan sambil ngences, nangis-nangis. ENVYYYYYYYYYYYY AAAAAAA :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mihihi itu capsnya dioff coba. Kapok sebenernya, tapi nggak ada pilihan. Akhirnya dikawal deh kayak putri raja gitu ya sok :| iya imajinasi aku emang suka liar banget, apalagi yang nyangkut horor-horor

      Sayang sih uangnya kalo cuma buat ojeg *mental gratisan*

      Alhamdulillah semoga lain kali bisa dateng ke sini kalo ada kopdaran lagi:3

      Delete
  8. ih jadi lucu kalo keinget kejadian kemaren itu haha, kangen deh sama kalian ber.empat haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahaha jangan-jangan kejadian waktu aku gandeng kahen erat-erat itu ya._.
      Samaaa kangen jugaakkk

      Delete
  9. wiiiiiik, gatau deh mau komen apa.. yg pasti aku envy maksimal T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaksaaann makanya nanti ikutan biar nggak ngenvyyy:))

      Delete
    2. Manusia hanya bs berencana wiii, Allah yg menentukan. Pdhal hari sebelumnya aku dkantor wasap kalian 'see you', eh malamnya udh lgsg dijemput T.T ayo iih kita kopdar lagi, ayoooo~ *garukgaruktembok*

      Delete
  10. wah, ini mah ga cuma kopdar aja tapi jalan jalan bareng juga, malahan keren kayak begini daripada cuman ketemu sama ngemil doang di restorann,,ahh coba gue ke bandung, pasti gue ikutan dahh..mana nyelusuri guaa..kalau kamu takut, tapi gue suka biuuttt yang kayak gebitu serrruuu cc Dwi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya kakmey meskipun kaki pegel-pegel sih.

      Ah iya kapan dong ke Bandung? Kalo ada kopdaran ikut yaakk;)

      Delete
  11. Ohiya mau mengajukan sebuah pertanyaan yang saya kurang tau penting atau nggak. Itu gua belanda "pernah dijadikan obyek syuting masih dunia lain baru-baru ini, ya?" Atau masih banyak Gua Belanda yang beredar.

    Pokoknya kalian keren. Walau hanya berempat, tapi itu nggak menjadikan antusiasme rendah terhadap kopdar BE yang kalian udah rencanakan. Apalagi ditambah dengan tempat yang antimainstream. Jikalau Tuhan menghendaki, adain kopdar BE se-Indonesia. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo nggak salah sih iya, soalnya yang aku tau tentang gua itu di sana. Gua belanda dan jepang.

      Iya meskipun berempat tapi kami tetep kompak! Haha.
      Amiinn aku udah usulin ke bang edotz tuh, tapi katanya nunggu buku BE jadi mega best seller dulu :D

      Delete

Komentar gratis, curhat gratis, iklan bayar!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...