Sunday, 9 February 2014

Hi, Blogger Energy

Blog.

Pertama kali denger kata blog itu sih kalau nggak salah waktu zaman SMP sekitar kelas 3. Saat itu aku masih polos-polosnya sama dunia maya. Masih sering main facebook dan (alhamdulillah) udah berhasil ninggalin friendster. Then, saat pelajaran komputer di kelas 3 itu ada BAB tentang internet dan guru yang bersangkutan nerangin tentang blog. Cara buat blog, blog harusnya diisi apa aja, dan yang lain-lainnya. Dari situ aku mulai mikir, kayaknya enak juga kalau punya blog. Bisa curhat banyak hal tanpa perlu capek-capek ngomong sama orang. Tanpa perlu khawatir cerita gak didengerin orang. (korban kurang perhatian *sad).

Finally, tahun 2009 awal aku buat blog pertama dengan link yang udah lupa karena udah nggak dipake lagi. Aku lupa isi blog pertama itu apa, tapi yang jelas isinya tentang cerita pendek yang masih kusut, masih berantakan, dan masih nggak enak diliat. Nggak papa, yang penting ngeblog ya:))

Aku sempet ganti blog dua kali sampai akhirnya menetap sama blog yang sekarang. Alasannya, blog pertama karena waktu itu aku coba-coba edit template. Tapi berhubung masih polos dan bego dalam hal itu, akhirnya ada yang salah kode dan nggak bisa ngebenerinnya. Saat itu juga masih sedikit temen-temen yang pake blog, jadi nggak tau harus nanya siapa buat ngebenerinnya. Dengan berat hati, aku pun ngerelain blog yang udah diisi beberapa tulisan. Blog kedua. Kalau nggak salah aku lupa password di blog itu. Tapi untungnya sih waktu itu cuma beberapa doang tulisan di sana, itu pun sekedar tulisan welcome blog. Akhirnya di Mei 2010 aku buat blog lagi yang sampai sekarang masih menetap. (Semoga langgeng sampe nenek-nenek. Bahkan sampai ajal memisahkan kita).


Kenapa harus genre personal? Kenapa nggak genre yang tutorial, tips-tips, atau tentang pelajaran?

Karena aku suka nulis. Karena aku suka bercerita. As simple that.

Kayak yang udah aku bilang di atas sih, awalnya buat blog karena buat cerita tanpa khawatir ceritanya nggak didengerin orang. Sebenernya di blog juga nggak diperhatiin orang-orang sih, tapi nggak tau, rasanya seneng aja nulis-nulis di blog, terus blognya dihias-hias, terus jadi bagus, di-share, dan (alhamdulillah) ada yang mau baca. Ya pokoknya itu kesenengan tersendiri deh. Dan seiring berjalannya waktu, aku makin sedikit pinter buat ngolah curhatan itu biar nggak keliatan banget full curhatan. Aku modifikasi curhatan itu jadi sebuah cerita pendek atau flash fiction.

Kalau genre buat tutorial atau pelajaran gitu kan tentang materi. Aku harus banyak mikir, harus "pas" gitu ya isinya, nggak boleh salah-salah. Dan rasanya nggak suka aja kayak diatur-atur. Kebayang kan kalo ngasih tutorial, terus salah kode? Atau ngasih materi dan ternyata salah dan menyimpang? Aduh... Belum siap deh. Aku juga pernah dikasih saran buat ngisi blog tentang materi Akuntansi (sesuai jurusan kuliah) sama pacar, dia bilang katanya bagus kan ngasih informasi buat orang lain. Iya, sih, emang bagus banget dan berguna banget. Tapi... apa ya... aku nggak ada hati di sana. Nggak nyaman aja rasanya nulisin angka-angka di blog yang udah berisi rangkaian tulisan-tulisan ini. Udah cukup deh nggak nyaman karena jurusan kampus nggak sesuai, jangan ditambah lagi ini. *eh malah curhat*. Tapi kalo seandainya suatu hari nanti aku bisa memodifikasi cerita pendek dengan materi Akuntansi, aku bakal coba buat tulis. Semoga aja bisa :))

Cerita fiksi bukan berarti nggak ada isinya, sih. Jangan ngeremehin loh, nggak gampang ngolah ide mentah buat jadi sebuah cerita yang enak dibaca. Nggak gampang ngerangkai kata-kata dan pilih kata yang pas agar pembaca hanyut dalam cerita. Nggak gampang juga nyelipin informasi ke dalam cerita biar ceritanya nggak "kosong". Ya intinya, tiap penulis punya lebihnya masing-masing. Harusnya kita saling dukung demi memajukan dunia sastra di Indonesia yang lebih baik:)) *eh kenapa jadi belok dari tema ya*

Kenapa pengen gabung di BE?

Sebelumnya aku mau minta maaf buat ranger-nya nih, aku dulu sering titip-titip link tiap udah ngeposting. Aku kira nggak mesti daftar, asal follow twitter aja. Eh ternyata harus buat artikel dulu. Untung waktu itu ranger-nya nge-share di twitter buat jadi anggota baru (kalo nggak salah). *beneran, ini malu banget*. Tapi kalo ditanya alasan kenapa mau gabung di BE, nggak tau sih kayaknya seru aja anggota-anggotanya. Selalu ada event nulis (artikel), kadang-kadang kopdar juga buat bikin anggotanya tambah deket. Selain itu kan asik juga bisa berbagi link postingan di blog. Bisa saling komentar, saling baca, dan saling kasih masukan. Terus lagi bisa nambahin temen baru, sharing sama blogger yang beda genre, atau bahkan yang se-genre. Ya semoga aja beneran dapet temen baru di sini :))


Photobucket

2 comments:

  1. eh dulu kamu perkenalan di wall grup sih pertama kali diterima di grup FB...
    hehe

    belum ada yang komenin jadi gue komenin deh haha

    ReplyDelete

Komentar gratis, curhat gratis, iklan bayar!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...