Wednesday, 25 September 2013

Salah Jurusan? Hmm...

2 comments:
Pict source: Ardan Radio


Selamat pagi, Blogcha. Selamat hari Rabu :)

Entah kenapa tiba-tiba pagi ini aku kepikiran tentang aku sendiri. Tentang jurusan yang lagi aku jalani sekarang, yang sebenarnya bukan keinginanku. Jujur, salah jurusan itu nggak enak banget. Sangat sangat enggak enak. Ngejalanin sesuatu yang bukan keinginan itu memang nggak enak, kan?

Aku yakin, pasti bukan hanya aku yang ngerasain salah jurusan di kuliah. Pasti di luar sana banyak juga yang senasib sama aku, salah jurusan dalam kuliahnya sekarang. Oke, sebenarnya itu bisa dibilang rumit. Kenapa rumit? Karena bertahun-tahun kita berada di tempat yang tidak kita harapkan. Berada di luar sesuatu yang bukan dunia kita. Berada di luar zona nyaman kita.

Wednesday, 18 September 2013

Don't Forget Our Memories in Jakarta

No comments:
Selamat pagi Blogcha. Akhirnya aku muncul lagi di sini. Udah hampir lewat seminggu aku nggak muncul di sini. Sudah bisa dipastikan proyek menulis di bulan ini gagal :( but never mind, yang penting waktuku nggak kebuang sia-sia hanya buat menye-menye. Tapi dipakai selain buat berkutat dengan tugas-tugas dan yang berhubungan dengan kuliah, juga dipakai buat berkutat dengan naskah dan proyek ini. Oke, nggak lama-lama lagi. Kota kelima yang akan kutulis di sini adalah Jakarta. Check this Out!


DKI Jakarta adalah ibu kota negara Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di bagian barat Pulau Jawa. Di dunia nternasional, Jakarta juga memiliki julukan J-Town atau lebih populer lagi The Big Durian karena dianggap kota yang sebanding dengan New York City di Indonesia. Wilayah metropolitan Jakarta merupakan  metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia. Saat ini Jakarta sudah menjadi pusat bisnis, politik, ekonomi dan kebudaaan. Di kota ini juga terdapat dua bandar udara yaitu Soekarno Hatta dan Halim Perdanakusuma serta sebuah pelabuhan laut di Tanjung Priok.

Saturday, 7 September 2013

Garut Punya Cerita

No comments:
Selamat sore, Blogcha. Aku melewatkan dua hari di sini karena suatu hal. Berhubung aku sedang menikmati sore yang mendung di Garut, maka tempat yang akan kuceritakan hari ini adalah Garut.

Garut adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat, Indonesia. Mendengar nama Garut tentu yang ada di pikiranku sendiri adalah alamnya yang indah dengan udara yang bisa disebut sejuk meskipun sesekali terasa dingin. Garut termasuk kabupaten dataran tinggi. Kabupaten ini dikelilingi oleh beberapa gunung diantaranya: Gunung Guntur, Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray. Meskipun Garut termasuk daerah dataran tinggi, tapi Kabupaten ini juga memiliki pantai yang tidak kalah indah dengan pantai-pantai terkenal di kota lain. Pantai ini berada di daerah selatan tepatnya di Kecamatan Pameungpeuk. Dua pantai yang paling terkenal adalah Pantai Santolo dan Sayang Heulang. Pantai itu masih sangat indah dan bersih. Pasirnya putih dan air laut yang biru. Ombaknya bisa dibilang besar karena langsung berhubungan dengan laut selatan.

Wednesday, 4 September 2013

Subang dan Kenangan

No comments:
Selamat pagi, Blogcha. Semangat Hari Rabu yaaa. Seperti biasa, pagi ini aku akan melanjutkan proyek menulis yang sebenarnya tulisan ini harusnya kutulis kemarin. Kali ini aku akan menuju sebuah kabupaten tempat aku tinggal selama aku duduk di bangku sekolah dasar.

Kabupaten Subang merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat, Indonesia dengan ibu kotanya adalah Subang. Kabupaten ini cukup luas, hanya saja pusat kotanya tidak begitu luas. Iklim kabupaten ini adalah tropis. Maka tidak heran jika di Subang banyak perkebunan. Perkebunan teh, nanas, sampai perkebunan karet. Meskipun termasuk iklim tropis, tapi kebanyakan wilayah di Subang berudara panas. Apalagi yang mendekati daerah laut Jawa, seperti Pamanukan, Pagaden, Binong, dll. Bahkan pusat kotanya sendiri memiliki udara panas. Datang ke Subang rasanya tidak lengkap jika tidak datang ke Ciater, tempat pemandian air panas yang lokasinya tidak jauh dengan gunung Tangkuban Parahu. Pemandangan kebun teh yang membentuk bukit-bukit indah dengan udara yang dingin tentu akan membuat pikiran menjadi lebih segar. Ditambah menghabiskan waktu untuk berendam dan memanjakan diri di Ciater yang akan membuat pikiran tidak hanya segar, tetapi juga tenang. Di Ciater tidak hanya ada tempat pemandian air panas, tetapi juga disediakan hotel bagi mereka yang ingin menghabiskan weekend di sana.

Tuesday, 3 September 2013

Bandung I'm in Love

No comments:
Selamat pagi, Blogcha. Hari ini aku akan kembali memulai bercerita tentang "Setiap Tempat Punya Cerita". Berhubung kemarin ada hal yang membuatku tak sempat membuka blog, akhirnya aku memutuskan untuk menulis dua tempat hari ini. Dan tempat pertama yang akan kuceritakan pagi yang indah ini adalah Kota Bandung.
Bandung merupakan ibu kota dari provinsi Jawa Barat. Selain itu, kota yang mendapat sebutan lain Kota Kembang ini adalah kota metropolitan terbesar di Jawa Barat dan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya menurut jumlah penduduk. Dan pada zaman dahulu, kota ini pernah mendapat julukan Paris Van Java yang artinya Kota Paris dari Pulau Jawa. Alasan mendapat julukan ini karena Bandung zaman dulu terkenal dengan keindahan alam dan kesejukan udaranya (sekarang pun masih terasa di sebagian tempat). Suasana ini sangat disukai oleh orang-orang kolonial yang menurut mereka sama dengan Kota Paris, Perancis.

Sunday, 1 September 2013

Hello, Pangkal Pinang

No comments:
Sesuai dengan posting yang sudah kubuat tadi siang, ini adalah tulisan pertamaku tentang "Setiap Tempat Punya Cerita". Kali ini aku akan mulai dari sebuah kota terbesar di Pulau Bangka. Yap, that's Pangkal Pinang.

Pangkal Pinang adalah sebuah kota terbesar di Pulau Bangka sekaligus ibu kota provinsi Bangka Belitung. Kota ini terletak di sebelah timur Pulau Bangka. Sekarang, kota ini sudah berkembang menjadi pusat perdagangan, pemerintahan, dan industri terbesar di Bangka Belitung. Di kota ini juga terdapat kantor timah terbesar, yaitu PT. Timah Tbk.

September Project

No comments:

Hallo blogcha! Umm.. Nggak kerasa ya tahun 2013 ini udah menginjak bulan September lagi. Itu artinya tahun ini bentar lagi berakhir. Oh iya aku pernah denger pepatah yang bilang kalau intinya waktu itu akan terasa cepat bagi mereka yang bahagia. Nah dipikir-dipikir aku ngerasa gitu sih. Ya nggak kerasa aja udah bulan September lagi. Perasaan baru kemarin tahun baru. Terus lagi perasaan baru kemarin aku masuk kuliah, eh sekarang kok udah semester tiga aja. Ya semoga kita termasuk orang yang bahagia :)

Okay, back to my blog title. September Project. Jadi di awal bulan September (Ceria) ini, aku mau buat sebuah proyek pribadi. Yaitu nulis di blog setiap hari dengan tema "Setiap Tempat Punya Cerita". Kayaknya udah nggak asing ya sama tema ini. Tapi ya namanya proyek pribadi, bebas aja mau kasih tema apa^^

Jadi aku mau nyeritain kota-kota yang udah aku kunjungi. Aku mau ceritain dulu tentang kota itu, and then aku mau ceritain pengalaman aku di sana. Latar belakang aku buat proyek ini dengan alasan biar aku makin rajin nulis. Biar nambah wawasan aku. Biar tulisan aku makin rapi dan semoga makin keluar ide-ide segar. Amin. Aku pernah baca tips nulis dari twitter @nulisbuku intinya kita harus dibiasakan nulis setiap hari. Ya minimal 30 menit disisihkan buat nulis. Temanya random. Itu mengasah kemampuan menulis kita. Dan aku juga pernah baca twitter Bang Radith, dia selalu nulis 15 menit sebelum tidur. Karena terbiasa, dia jadi jarang kena writer's block. Nah terinspirasi dari kedua tweet tersebut, akhirnya aku mau belajar membiasakan diri menulis setiap hari.

Semoga proyek ini berhasil. Amiinn.

With love,

Dwi Sartikasari

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...