Wednesday, 28 August 2013

28 Agustus 2013

No comments:

Ya ampun udah lama banget ini blog nggak diisi tulisan. Huft, sepertinya keasyikan liburan bikin aku lupa buat nulis lagi. YaAllah, maafin Dwi :(

Oke pagi ini aku mau buat tulisan non-fiksi. About my experience, today.

Jadi pagi ini aku lagi nemenin Karei ke sebuah jobfair di Bandung. Tepatnya di Landmark Convention Hall, Braga. Sebelum nyampe, seperti biasa nyasar dulu. Padahal pas pergi tadi tempatnya udah kelewat. Cuma kitanya aja yg sedikit nggak liat-_-

Nah pas udah nyampe di Landmark, ternyata masuknya pake tiket. Tadinya sih mau nemenin dia ke dalem, tapi ya udah deh nunggu di luar aja. Dia ngubek-ngubek nyari perusahaan yang cocok di dalem, aku ngotak-ngatik tulisan di luar. Pas:))

Ternyata, yang ikut jobfair ini cukup banyak. Mulai dari yang keliatannya fresh graduate sampai yang udah bapak-bapak/ibu-ibu juga ada. Mungkin mereka yang udah dapet kerjaan dan berniat buat nyari kerjaan yang lebih sesuai. Entahlah. Mereka dateng dengan pakaian yang formal. Bawa-bawa map yang diisi dengan tumpukan kertas. Mungkin itu isinya CV, surat lamaran, dan segala hal yang berhubungan dengan itu. Bahkan bagi yang perempuan, mereka berdandan rapi layaknya mereka akan diinterview langsung. Mungkin biar perusahaan tertarik melihat mereka.

Bahas soal jobfair, aku sebenernya belum pernah sekalipun ke jobfair. Alasan pertama, karena belum waktunya nyari kerja, alasan kedua, karena belum ngerti juga, kesannya kalau dateng ke sini jadi kayak anak kecil yang kehilangan ibunya. Buktinya kayak sekarang. Karena nggak ada kerjaan, alhasil aku cuma ngeliatin orang-orang sambil nulis apa yang aku liat. Bukan ngomongin sih, cuma menyalurkan ide...

Ternyata, nyari kerja itu susah ya... Lapangan pekerjaan yang tersedia nggak sebanding dengan jumlah sumber daya manusia yang dihasilkan. Padahal, menurut ilmu Akuntansi, semua hal itu harusnya balance. Harus seimbang, biar hasilnya bagus.

Sebenernya, daripada nyari kerja, mending buat lapangan kerja. Kenapa? Karena kalau nyari lapangan kerja, kita disuruh-suruh atasan. Selain itu bikin lapangan kerja jadi berkurang. Tapi kalau kita buat lapangan pekerjaan, kita yang nyuruh-nyuruh orang. Selain itu juga kita bisa nambahin lapangan pekerjaan buat orang lain. Kan baik ya..

Dan buat yang masih jauh dalam hal mencari kerja, coba aja cari kelebihan diri sendiri. Siapa tau kelebihan kita itu bisa dijual. Jadi di saat orang-orang sibuk sama nyari kerjaan, kita tinggal berkarya dan melatih diri agar kemampuan kita itu masih bisa terus dipakai orang. So, lahan pekerjaan yang sebenernya tersedia buat kita jadi kita sumbangin buat orang lain karena kita udah punya kemampuan yang bisa kita jual.

Oke deh, sepertinya cukup segitu aja yang perlu diceritain. Aku mau kabur ke naskah yang masih wajib buat diedit.

See you next time, Blogcha.

With love,

Dwi Sartikasari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...