How to Find My Passion?

Saturday, June 08, 2013

Pict source: tumblr


Halooo blogcha! Assalamualaikum.

Selamat malem. Gimana kabarnya? Baik? Harus. Aku juga baik soalnya. Muehehe
Ah hari ini malem minggu ya? Aku baru inget. Maklum........ *you know what I mean* =))) well, postingan pertama di bulan Juni. Kayaknya mau aku isi sama postingan yg sedikit berisi. Maksudnya bermanfaat.

Sesuai judulnya, "How to Find My Passion". Aku mau share beberapa tips nih buat nemuin passion kalian itu di mana.

Check this out, guys!


1. Seneng ngelakuinnya.
Nah jadi nih cara pertama itu, kalian seneng ngelakuin hal itu. Kalian kalau ngerjain hal itu tuh pakai hati. Bahagia. Tanpa beban sedikitpun. Kalian juga enjoy ngelakuinnya. Pokoknya kalian itu 100% deh ngerjain hal itu pakai hati.

Contoh. Aku sih nulis ya. Kalau lagi nulis, aku seneng banget. Rasanya tuh aku lagi kebawa dunia aku sendiri. Aku gak pernah ada beban kalau nulis. Meskipun hasil tulisannya belum sempurna, don't worry. Namanya belajar. Yang penting ngelakuin pake hati, tanpa beban ;)

2. Rela ngabisin banyak waktu.
Yap. Yang kedua itu, kalian rela ngabisin banyak waktu buat ngelakuin hal tersebut. Rasanya rela deh seharian penuh berkutat sama hal itu.

Contoh. Aku rela ngabisin berjam-jam depan laptop hanya buat nulis, mikir, berkhayal, dan masuk ke dunia aku sendiri. Jujur sih, sebenernya ini salah. Tapi kalau aku udah keasyikan nulis, aku suka lupa makan. Jadi kebiasaan aku itu kalau nulis nyiapin air putih, camilan, pasang headset, and start!

Atau ibarat lain, kayak pacaran. Rela kan ngabisin waktu berjam-jam sama pacar? Nah, kalo udah nemu passion juga bakalan gitu.

3. Biasanya berawal dari hobi.
Yang ini sih nggak terlalu bener. Tapi ada benernya juga. *loh, jadi gimana?* iya jadi buat kalian yang punya hobi sesuatu, coba perdalami deh. Siapa tau itu passion kalian. Passion itu nggak muncul secara tiba-tiba. Bahkan harus disadari dari sesuatu yang kecil.

Contoh. Buat kalian yang suka jalan-jalan, coba aja perdalami siapa tau ternyata kalian bisa jadi traveller. Atau yang suka nulis diary, coba perdalami. Siapa tau kalian bisa jadi penulis. *ngaca* atau juga yang suka menggambar, mungkin passion kalian ada di melukis dan jadi pelukis. Ya intinya kalian harus pinter-pinter nyari hal kecil dari hobi kalian ya

4. Biasanya rela tanpa bayaran
Nah buat yang ini aku dapet dari kak Pandji waktu talkshow di kampusku. Jadi katanya kalau kalian punya passion, seneng ngelakuinnya, niat kalian ngelakuin hal itu tuh karena pengin buat orang seneng. Jadi bayaran itu nomor 2.

Misalnya gini nih. Aku sekarang lebih seneng share tulisan aku buat dinikmati orang lain. Emang ada yang bilang jadi penulis itu enak bisa dapet royalti. Tapi aku lebih bahagia kalau ternyata orang yang baca tulisan aku lebih mengapresiasi tulisanku. Jadi yang penting orang seneng, uang nomor dua. Semacam kebanggaan tersendiri aja gitu orang-orang bisa baca karyaku dan nikmatin.

Tapi nih masalahnya, ngembangin passion itu susah. Emang. Apalagi buat seorang mahasiswi kayak aku. Kuliah nggak sesuai passion tapi di sisi lain mau fokus sama nulis. Never mind. Itu tantangannya. Ambil aja hikmahnya. Kuliah itu nambah pengalaman buat tulisan aku nantinya;)

Nah kayaknya segitu aja deh tips yang bisa aku kasih buat kalian. Semoga bermanfaat bagi kalian yang belum nemuin passion-nya. Tapi buat yang udah nemu juga semoga bermanfaat. Ya semoga bermanfaat buat semuanya deh =D

Selamat mencari passion kalian! Semoga lancar. Semoga berhasil. Semoga sukses, guys;)


With love,

You Might Also Like

22 komentar

  1. yang nomor 4 gue setuju banget. kadang kalo kita udah suka banget sama suatu hal. biar gak dibayar rela aja loh, yang penting fun cuy... asikk asikkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya emang. Yg penting karya kita dinikmatin orang. Orang apresiasi sama karya kita. Itu udh kebanggaan tersendiri yaps

      Delete
  2. kalo aku sih yang nomor 3 soalnya aku ngeblog berasal dari hobby gitu sih, soalnya waktu SD kaya doyan bikin puisi buat temen yang pengen ikut lomba puisi jadi membuat karya dan temen yang bacain, terus yang menang ya teman. terus hadiahnya juga buat teman T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha kok kesannya kamu ngenes ya cuma bagian yang bikinnya doang :( tp gpp ikhlas aja, kan bikin temen seneng...

      iya tapi kadang susah juga nemu hobi yang bisa dijadiin passion. apalagi kalo hobinya banyak. perlu diulik dan disadari sampe akhirnya bener-bener yakin deehh

      Delete
  3. bener banget, biasanya passion berawal dari hobi, dan emang ngembanginnya juga agak susah karena jurusan yg diambil ga sesuai sama passion, tapi ga masalah sih, masih bisa belajar di tempat lain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah senasib ternyata kita :D
      kalo gitu masalahnya tinggal pinter-pinter bagi waktu. toh kalo kita cinta sama sesuatu, pasti nyisipin waktu buat itu ya

      Delete
  4. ni postingan perasaan udah lama banget tapi ngebacanya nggak basi lo dwiii..emang iya kalo udah nyangkut passion kita mau dari subuh sampe subuh lagi juga ga terasaaa...mau nggak dibayar juga nggak papa yang penting ide tersalurkaaaaan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya kak mey ini udah lama banget, tapi iseng-iseng aja dipromoin.

      nah setuju tuh. kalo libur, aku seharian asik depan layar lepi. (meskipun sebenernya salah). dan tentang uang juga iya, yg penting karya kita diapresiasi dan dinikmati orang banyak, itu priceless deh:))

      Delete
  5. dari keterpksaan itu juga bisa di jadiin passion, misalnya terpaksa buat nulis karena sebuah keharusan. kan lama2 jadi biasa, dan itulah passion sesungguhnya.

    kalo yang tanpa bayaran gue nggak yakin, semua orang punya kemurahan hati buat nggak di bayar atas usahanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu juga bisa masuk kak, kalo kita udah mepet, mau nggak mau harus survive. dan dari survive itu ternyata jadi kebiasaan dan jadi passion.

      nah kalo itu sih emang balik ke pribadi orang masing-masing kak. tapi di postingan tadi aku nyebutinnya nomor 2, karena menurutku apresiasi orang itu lebih berharga dan priceless banget dibanding sebesar apa pun uang yg diterima..

      Delete
  6. bener bangeettt..kebanyakan emang kayak gitu..kadang bisa rela nggak dibayar karena emang passionnya disitu...

    rela ngabisin banyak waktu itu iya-banget.. bahkan kadang bela2in curi2 waktu buat ngelakuin kegiatan yang sesuai passion..sipp..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pokoknya kalo udah cinta, mau ngabisin sebanyak apa pun waktunya, nggak masalah. nggak dibayar pun tak apa :)

      Delete
  7. Setuju banget sama yang nomor empat...
    Yuppp terkadang tanpa di bayar rela aja yang penting udah nyaman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya namanya juga udah passion, udah jatuh cinta duluan dan masalah uang nomor kesekian :)

      Delete
  8. tips yang menarik.
    km hrs tetep ngemil yaaa di sela2 keasyikan nulis :-D
    daan harus bisa bagi waktu sama kegiatan2 yang lain :-)

    emang smua biasanya berasal dari hobi.
    kalo udah melakukan sesuatu sesuai passion tu rasanya semangat ya, karena kita senang dgn apa yang kita kerjakan.
    :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kak:)
      haha iya tapi kadang suka keasikan ngemil juga jadi mending ditemenin kopi atau permen karet aja.
      sip kak, itu emang agak salah, lupa sama kegiatan lain.

      yes bener banget, karena ngerjainnya dari hati, jadi tambah semangat deehh ;)

      Delete
  9. passion gue banyak :)
    beranjak dari gue sd yang suka dengan menulis sampai dengan sekarang. dan lagi ada passion tambahan ketika gue smp yaitu mulai suka dengan yang namanya dunia penerbangan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bagus bagus tuh passionnya gak cuma satu. jadi bisa nambah wawasan banget.
      yg penting sih bisa bagi-bagi waktu, biar gak tercecer :D

      Delete
  10. Intinya kerjakan sesuatu dengan hati. Buat sesuatu yang kita sukai dengan rajin dan kontinyu. Bisa saja suatu saat menjadi pekerjaan yang menarik dan sesuai passion kita^^

    ReplyDelete
  11. Aku masih suka bingung juga sih passion ku.
    Kalo masalah suka, hobi, ato rela ngabisin waktu dan juga menomor duakan uang demi hal itu, terlalu banyak dong passion ku?

    Bisa bantu? :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba gali semuanya. Kalo ternyata emang itu semua beneran jadi passion, bagus dong. Jadi artinya kamu multitalent :))

      Delete

Komentar gratis, curhat gratis, iklan bayar!

recent posts